Penuh Berkah, Inilah Beberapa Amalan yang Dapat Dikerjakan Jelang Idul Adha 2024

Penuh Berkah, Inilah Beberapa Amalan yang Dapat Dikerjakan Jelang Idul Adha 2024

Amalan yang dapat dikerjakan jelang Idul Adha 2024.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Menjelang Lebaran Idul Adha 2024, ada banyak amalan yang dapat umat Muslim kerjakan di awal-awal Dzulhijjah, pada tahun ini, pemerintah Republik Indonesia (RI) sudah menetapkan Idul Adha 1445 H ini jatuh pada 17 Juni 2024.

Melansir dari konferensi pers secara daring dari Kementerian Agama, yang dikutip pada Sabtu, 8 Juni 2024, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan bahwa hilal sudah terlihat dan hisab posisi hilal wilayah Indonesia menyepakati bahwa 1 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024.

"Hilal terlihat di beberapa titik. Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia disepakati bahwa 1 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Dan Insyaallah Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin 17 Juni 2024," ucap Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki.

Adapun beberapa amalan yang dapat kamu kerjakan pada Dzulhijjah ini yaitu salah satunya dengan berkurban.

BACA JUGA:Salat Idul Adha 2024 Dilaksanakan Tanggal Berapa? Inilah Jadwal, Tata Cara dan Niatnya

Ibadah kurban ini diperintahkan secara langsung dari Allah SWT sebagaimana yang termaktub di beberapa ayat suci Al-Quran.

Pada surah Al Kautsar ayat 2, Allah SWT berfirman.

Yang artinya: “Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!”.

Adapun perintah berkurban lainnya yang sebagaimana tercantum dalam surah Al Hajj ayat 28, sebagaimana firman Allah SWT.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah Batas Terakhir Potong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban Idul Adha 2024, ini Ketentuannya

Artinya: "(Mereka berdatangan) supaya menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang telah dianugerahkan-Nya kepada mereka berupa binatang ternak. Makanlah sebagian darinya dan (sebagian lainnya) berilah makan orang yang sengsara lagi fakir."

Selain ibadah kurban, ternyata masih ada beberapa amalan yang dapat dikerjakan sebelum Idul Adha 2024 yang dirayakan setiap 10 Dzulhijjah, berikut beberapa amalannya.

1. Tunaikan Haji

Pada Dzulhijjah ini juga dikenal sebagai sebutan bulan haji, yang mana pada bulan ini umat Muslim diperintahkan untuk kerjakan ibadah yang termasuk dalam rukun Islam ke-5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: