Wajib Tahu! Inilah Batas Terakhir Potong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban Idul Adha 2024, ini Ketentuannya

Wajib Tahu! Inilah Batas Terakhir Potong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban Idul Adha 2024, ini Ketentuannya

Potong Kuku.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Lebaran Idul Adha 2024 beberapa hari lagi bakal dirayakan oleh seluruh umat Muslim, yang mana diperingati pada 17 Juni mendatang.

Sebagaimana, Kementerian Agama RI ini juga sudah menetapkan 1 Dzulhijjah 1445 yang jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Melansir dari laman resmi Muhammadiyah.or.id, Sabtu, 8 Juni 2024, seiring dengan semakin dekatnya Idul Adha 2024, sudah banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengenai batas waktu terakhir boleh potong kuku dan rambut bagi yang berkurban.

Sebagaimana diketahui bahwa terdapat hadist riwayat dari Ummu Salamah, Rasulullah SAW pernah bersabda, sebagai berikut ini.

BACA JUGA:Petik Pahala di Hari Raya Idul Adha 2024, Ini 6 Amalan Sunnah yang Tak Boleh Dilewatkan

Artinya, “Apabila sepuluh hari pertama Dzulhijjah telah masuk dan seorang di antara kamu hendak berkurban, maka janganlah menyentuh rambut dan kulit sedikitpun, sampai (selesai) berkurban,” (HR Ibnu Majah, Ahmad).

Adapun larangan memotong kuku bagi yang berkurban sebagaimana yang tertuang dalam hadits riwayat Muslim yang dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.or.id.

“Jika kalian melihat hilal Dzulhijjah, dan di antara kalian ada yang ingin berkurban, maka hendaklah dia menahan (tidak memotong) sebagian rambutnya dan kukunya (HR. Muslim).

Kemudian, adapun hadits lainnya yang diperkuat, yaitu sebagai berikut.

BACA JUGA:Catat, 13 Perusahaan Makanan Bebas Afiliasi Israel yang Bisa Jadi Rekomendasi Hampers Idul Adha 2024

“Aku diperintah untuk menjadikan hari kurban sebagai hari raya yang Allah Azza wa jalla jadikan untuk umat ini, ” lalu seseorang berkata; bagaimana pendapatmu jika aku tidak mendapatkan kecuali hewan betina untuk diambil susunya, apakah aku menyembelihnya”

“Beliau bersabda: “Tidak, tapi potonglah rambutmu, kukumu, kumismu dan bulu kemaluanmu maka itu adalah kesempurnaan kurbanmu disisi Allah Azza wa jalla.”

Lantas, banyak orang yang bertanya-tanya, kapan waktu yang tak diperbolehkan untuk memotong kuku dan rambut bagi yang hendak berkurban di Idul Adha 2024 ini.

Diketahui, larangan dalam memotong kuku serta rambut bagi yang hendak berkurban ini mulai berlaku sejak awal Dzulhijjah atau yakni pada 8 Juni 2024 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: