Orang Tua Harus Tahu, Ini 6 Tanda Anak Siap Sekolah

Orang Tua Harus Tahu, Ini 6 Tanda Anak Siap Sekolah

Orang Tua Harus Tahu, Ini 6 Tanda Anak Siap Sekolah--

LINGGAUPOS.CO.ID – Sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru. Banyak orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun yang mungkin saja masih bingung mengenai persiapan anak untuk memasukkan anak ke Pendidikan anak Usia Dini (PAUD), Playgroup atau Taman Kanak-Kanak sebagai langkah awal sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD). 

Nah kira-kira bagaimana si kesiapan anak kita? Yuk disimak 6 tanda anak siap untuk sekolah yang wajib diketahui para orang tua tentunya.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber pada Jumat, 7 Juni 2024 berikut ini tanda anak siap sekolah.

1. Kemandirian

BACA JUGA:Update PPPK 2024: Naskah Soal Seleksi Sudah Rampung, Intip Bocorannya Berikut

Anak yang sudah siap sekolah adalah anak yang sudah mandiri dalam hal misalnya mengerjakan tugas-tugas rutinnya sehari-hari seperti pergi ke kamar mandi sendiri, makan sendiri ataupun memakai baju sendiri. 

Hal ini perlukan untuk transisi ke lingkungan sekolah. Anak-anak perlu mempunyai kemandirian supaya bisa terlibat secara efektif didalam tugas-tugas kelas dan menjalani hari-harinya di sekolah nanti.

2. Keterampilan Soisial

Perhatikan bagaimana anak ketika berinteraksi diluar lingkungan rumah. Salah satu contohnya, jika anak sudah mau berbagi kepada orang lain, mau ikut antri dan bermain secara kooperatif dengan anak-anak lainnya adalah salah satu tanda anak siap sekolah. 

BACA JUGA:Inilah Sederet Motor Listrik Terfavorit Masyarakat Indonesia, Cek Hasil Surveinya di Sini

Saat anak sudah menunjukan tanda-tanda tersebut itu artinya anak sudah bisa untuk sekolah.

3. Penasaran dan Ingin Belajar

Biasanya anak akan menunjukkan minat  untuk mempelajari hal-hal baru, banyak mengajukan pertanyaan, dan senang menjelajahi dunia di sekitarnya, itu pertanda baik bahwa mereka siap menghadapi lingkungan sekolah yang terstruktur.

4. Keterampilan Bahasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: