Mau Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar, Ikuti 7 Langkah Ini

Mau Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar, Ikuti 7 Langkah Ini

Mau Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar, Ikuti 7 Langkah Ini-Ilustrasi-Freepik com

LINGGAUPOS.CO.ID – Ibu yang habis melahirkan caesar ingin cepat pulih, ada 7 tips merawat luka operasi. Diketahui waktu pemulihan luka operasi caesar bisa berbeda-beda pada setiap wanita.

Namun, umumnya pemulihan memakan waktu dua hingga enam minggu. Setelah melahirkan dengan operasi caesar, pastinya ibu mau cepat-cepat sembuh supaya bisa beraktivitas dan menjaga anak dengan optimal.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber pada Selasa, 4 Juni 2024 berikut ini 7 tips merawat luka operasi caesar.

1. Istirahat yang Cukup

BACA JUGA:10 Resiko Operasi Caesar Jika Dilakukan Berkali-kali, Apa Saja? Yuk Disimak

Istirahat itu adalah bagian penting dari tips merawat luka operasi caesar. Bayi baru lahir tidak punya jadwal tidur yang tetap dan kadang hanya tidur 1-2 jam saja di malam hari.

Jadi, kamu harus pintar memanfaatkan waktu. Contohnya saat bayi tertidur, cobalah untuk tidur juga. Kamu juga bisa meminta bantuan orang terdekat untuk menjaga bayi supaya kamu bisa tidur atau istirahat.

2. Minta Bantuan untuk Merawat Bayi

Merawat dan menjaga bayi baru lahir pasca operasi caesar tentunya tidak mudah dan sangat melelahkan. Sulit bagi kamu untuk melakukannya sendirian.

BACA JUGA:AHM Luncurkan All New Honda BeAT Series 2024, Dilengkapi Fitur Anti Maling, Cek Spesifikasinya di Sini

Jadi, mintalah bantuan pasangan atau keluarga terdekat. Ini salah satu tips merawat luka operasi caesar yang paling penting.

3. Perhatikan Kesehatan Emosional

Melahirkan merupakan pengalaman emosional bagi setiap wanita. Wanita yang mengalami persalinan gawat darurat dan terpaksa harus operasi caesar, bisa mengalami kesulitan mengontrol rasa emosional pasca melahirkan.

Jika kamu merasa stres dan tidak sehat secara emosional, beritahukan kepada pasangan, dan segera konsultasi dengan dokter atau psikolog. Jika kamu cepat mendapatkan penanganan, maka bisa mencegah postpartum depression.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: