Ibu Hamil Lebih Mudah Menangis, Berikut 2 Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Ibu Hamil Lebih Mudah Menangis, Berikut 2 Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Ibu Hamil Lebih Mudah Menangis, Ternyata 2 Hal Ini Penyebabnya-Tangkap Layar-Freepik com

LINGGAUPOS.CO.ID – Ketahui ini 2 penyebab ibu hamil lebih mudah menangis dan bisa diatasi dengan 5 cara. Perubahan hormonal pada ibu hamil tidak hanya berpengaruh pada fisiknya saja namun juga sangat berpengaruh pada perubahan secara emosional.

Jadi tidak heran jika banyak diantara ibu hamil di dunia ini yang saat mengalami masa mengandung justru malah akan mudah menangis bahkan tanpa sebab dan dikarenakan faktor yang sepele.

Jika ibu hamil merasakan sangat sensitif yang berlebihan saat hamil itu hal yang wajar.

Namun jika sudah merasa sangat kesulitan dalam mengatur emosi itu berarti sudah termasuk hal yang serius, jika tidak ditangani dengan baik termasuk dengan berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental atau psikolog.

BACA JUGA:Jiwa Tenang, Hati Senang, Inilah 4 Tips Sederhana Menenangkan Diri Buat Atasi Stress

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari aplikasi teman bumil pada Senin, 6 Mei 2024 berikut ini 2 penyebab ibu hamil jadi lebih mudah menangis.

1. Perubahan Sekresi Hormon

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron selama masa kehamilan ini terjadi pada trimester pertama atau 3 bulan kehamilan awal.

Hal ini dikarenakan terjadinya lonjakan kadar hormon yang berpengaruh pada mood ibu hamil, akibatnya mudah tersinggung dan mudah menangis.

BACA JUGA:Heboh, Vaksin Covid AstraZeneca Mengakui Ada Efek Sampingnya, Menkes: Ada Memang Dampaknya

Terlebih kehamilan adalah perubahan besar dalam hidupnya. Mudah menangis saat hamil bisa jadi kombinasi faktor lonjakan hormon, euforia kebahagiaan hingga kecemasan atau ketakutan terjadi sesuatu pada janinnya.

2. Kegelisahan dan Kecemasan

Kegelisahan dan kecemasan yang berlanjut hingga trimester kedua dan ketiga juga dapat memicu mudah menangis saat hamil.

Karena perubahan yang semakin komplek, mulai dari perut yang membesar, kelelahan, kecemasan apakah bisa melahirkan secara normal atau tidak, apakah bayinya selamat atau tidak, apakah bayi lahir sempurna atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: