CPNS 2024: Bukan Mei Menteri PANRB Umumkan Bakal Buka Juni – Juli, Begini Informasinya

CPNS 2024: Bukan Mei Menteri PANRB Umumkan Bakal Buka Juni – Juli, Begini Informasinya

CPNS 2024: Bukan Mei Menteri PANRB Umumkan Bakal Buka Juni – Juli, Begini Informasinya--instagram: duniacpns

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 diundur lagi, tidak jadi dibulan Mei, Menteri PANRB umumkan bakal buka Juni – Juli, Begini informasi selengkapnya.

Kabar CPNS terbaru, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) yakni Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa seleksi CPNS kembali diundur.

Sebelumnya, sempat dikatakan akan dibuka pada bulan Mei 2024. Baru-baru ini ia mengumumkan akan dibuka pendaftaran untuk umum mulai dari bulan Juni atau Juli 2024.

Hal tersebut disampaikannya dalam Konferensi Pers Progres Pengadaan ASN 2024 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024.

BACA JUGA:Pelajar SMP di Tugumulyo Musi Rawas Tewas Kejepit Truk, Begini Kronologisnya

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN 2024 rencananya akan dilaksanakan mulai bulan Juni atau Juli (2024) setelah instansi menerima surat keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan formasi atau formasi pegawai ASN,” ucapnya.

“Setelah memperoleh surat keputusan Menteri PAN-RB tentang penetapan kebutuhan formasi instansi pemerintah dan berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi tahun 2024,” sambungnya.

Selain itu, Anas pun menanggapi harapan Ombudsman yang menginginkan seleksi yang ditunda hingga akhir masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang.

Namun meski begitu, Anas menilai bahwa seleksi CASN ini tidak bisa dilakukan usai Pilkada  menimbang yang sudah tertuang dalam Undang-undang ASN nomor 20 tahun 2023.

BACA JUGA:Pelaku Pemalak Sopir Truk yang Viral di Palembang Diringkus Polisi, Begini Tampangnya

Dalam UU tersebut dikatakan jika penyelesaian tnon-ASN, selambat-lambatnya diselesaikan pada bulan Desember 2024.

“Sehingga pertama dari sisi regulasi, tidak mungkin ini ditunda Desember 2024. Jadi, selambat-lambatnya menurut Undang-undang harus dibersihkan d Desember 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Kementerian PANRB sendiri telah memberikan persetujuan 1,2 juta yang terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

Jumlah tersebut pun merupakan bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan sebanyak 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: