Ingin Menjadi Juara OSN? Simak 10 Tipsnya di Sini

Ingin Menjadi Juara OSN? Simak 10 Tipsnya di Sini

Olimpiade Sains Nasional.--

LINGGAUPOS.CO.ID - Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau pada beberapa tahun yang lalu sempat berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) namun kembali lagi menjadi Olimpiade Sains Nasional (OSN).

OSN merupakan sebuah ajang olimpiade tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) untuk siswa-siswi jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

Kemudian, OSN ini dilaksanakan berjenjang dari tingkat kota, provinsi hingga nasional.

Untuk OSN bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan persiapan dan strategi yang tepat, setiap murid memiliki kesempatan untuk menembus pintu prestasi ini.

BACA JUGA:Prestasi Membanggakan, MAN 1 Lubuk Linggau 10 Kali Raih Juara Umum OSN Tingkat Kota

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 tips agar menjadi juara OSN:

1. Pilihlah bidang yang sesuai dengan minatmu

OSN terdapat beberapa bidang lomba yakni mulai tingkat SD terdapat bidang Matematika dan IPA. Di tingkat SMP terdapat bidang Matematika, IPA, dan IPS.

Sedangkan di tingkat SMA terdapat 9 bidang lomba yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Geografi, Ekonomi, dan Komputer.

BACA JUGA:Dibuka Sekretaris Disdikbud Lubuklinggau, OSN dan O2SN Gugus VII Berlangsung Sukses

Kemudian, memilih bidang yang akan diikuti merupakan langkah awal yang paling penting dan sangat berpengaruh bagi setiap peserta OSN.

Sebelum memilih bidang yang akan ditekuni, sebaiknya kamu merenungkan apa yang menjadi ketertarikan mu terlebih dahulu.

Nah, yang tidak kalah penting adalah jangan memilih suatu bidang karena mengikuti pilihan teman. Bidang yang disukai oleh temanmu belum tentu sama dengan bidang yang kamu sukai.

Di sisi lain, apabila kamu memilih bidang yang tidak sesuai dengan keinginanmu, maka kamu akan menjalaninya dengan setengah hati dan menyebabkan hasil kamu peroleh kurang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: