Bukti Pengaruh Kerajaan, Inilah Lirik dan Makna Lagu Daerah Sumsel Gending Sriwijaya yang Jarang Diketahui

Bukti Pengaruh Kerajaan, Inilah Lirik dan Makna Lagu Daerah Sumsel Gending Sriwijaya yang Jarang Diketahui

Lirik dan lagu Gending Sriwijaya.--

LINGGAUPOS.CO.ID – Selain makanan pempek Palembang, Sumatera Selatan juga terkenal dengan Tarian Gending Sriwijaya yang menawan dan kerap ditampilkan saat pernikahan di Sumsel.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Jumat, 19 April 2024, Tari Gending Sriwijaya ini merupakan suatu tarian yang melukiskan kegembiraan bagi gadis-gadis Palembang saat menerima tamu yang diagungkan.

Selain itu, tarian ini juga tak terlepas dari lagu serta musik pengiringnya yang berjudul juga sama.

Gending Sriwijaya sendiri diartikan sebagai Lagu Sriwijaya. Sesuai dengan namanya, lagu Gending Sriwijaya ini  menggambarkan seseorang yang menyanyikan lagu tentang kebesaran dan keluhuran di zaman Kerajaan Buddis Sriwijaya.

BACA JUGA:SK Pelantikan 186 Pejabat Musi Rawas Dibatalkan, Aktivis Desak Bupati Copot Kepala BKPSDM, Ini Alasannya

Pada sejarahnya, mudik dari Gending Sriwijaya ini diciptakan pada Oktober hingga Desember 1943 oleh A. Dahlan Mahibat, yakni seorang komposer sekaligus violis dari grup Bangsawan Bintang Berlian di Palembang.

Sementaraitu, untuk lirik lagunya sendiri diciptakan oleh sebuah tim yang terdiri dari Nungcik A.R yakni seorang wartawan sebagai ketua serta Salam Astrokesumo dan M.J. Suud sebagai anggotanya, dan mendapat masukan dari R.H.M. Akib, seorang pengamat dan pecinta sejarah di Palembang.

Untuk tariannya sendiri diciptakan oleh Tina Haji Gong beserta dengan Sukainan A. Rozak, setelah musik serta lagunya telah selesai dibuat.

Diketahui, tarian Gending Sriwijaya ini diciptakan pada 1944.

BACA JUGA:Daftar Diskon Pasti Promo di Indomaret, Periode Sampai 23 April 2024

Tujuan awal diciptakannya tari serta lagu Gending Sriwijaya ini merupakan untuk memenuhi permintaan pemerintah pendudukan Jepang pada Jawatan Penerangan (Hodohan).

Yang mana untuk menciptakan sebuah tarian serta lagu digunakan untuk menyambut tamu yang datang berkunjung ke Kerajaan Palembang.

Berikut inilah salah satu versi lirik lagu Gending Sriwijaya.

Di kala ku merindukan keluhuran dulu kala, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: