Nikmati Manfaatnya, Inilah 5 Cara Istirahat dari Media Sosial dan Begini yang Akan Kamu Dapatkan

Nikmati Manfaatnya, Inilah 5 Cara Istirahat dari Media Sosial dan Begini yang Akan Kamu Dapatkan

Cara istirahat dari media sosial.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Media sosial awalnya dipakai sebagai media hiburan dengan berbagai macam informasi yang bermanfaat yang bisa kamu cari.

Namun, lama kelamaan media sosial ini menjadi sebuah rutinitas yang sangat sulit untuk dihindarkan.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Selasa, 9 April 2024, bahkan ada beberapa orang yang justru kecanduan akan berselancar di jejaring online.

Melansir dari laman iberdrola.com, kecanduan media sosial bisa menimbulkan kecemasan, depresi, mudah tersinggung, isolasi, menjauhkan diri dari dunia nyata, serta dari hubungan keluarga, bahkan dapat kehilangan kendali.

BACA JUGA:Benarkah Indonesia Tertinggal dari Negara ASEAN, ini 10 Negara dengan Koneksi 5G Paling Ngebut Serta Terbanyak

Oleh sebab itu, perlu untuk kita melakukan istirahat sejenak dari media sosial supaya tidak selalu bergantung dengannya.

Menurut seorang Psikolog Adam Borland, PsyD membagikan mengenai beberapa tips yang dapat dilakukan untuk istirahat dari media sosial.

1. Periksa kebiasaan dan pemicunya

Kamu diharapkan dapat istirahat dari media sosial yang juga diawali dengan mengenali diri sendiri kapan saat rentan memakai atau sering mengakses media sosial.

BACA JUGA:Gokil, iPhone Seri Pertama Masih Tersegel Laku Dilelang Seharga Rp2 Miliar, Kok Bisa!

“Cobalah untuk mengenali kapan Anda paling rentan atau rentan terhadap penggunaan media sosial. Mungkin Anda menghabiskan seluruh istirahat makan siang Anda di TikTok, atau Anda mulai melakukan doom scrolling sebelum tidur,” tutur Adam Borland.

Selain waktu, namun juga pahami respon emosional kamu saat bermedia sosial.

Mulai dari marah, kesal, tegang, sedih, ataupun lainnya.

2. Tentukan tolok ukur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: