Begini Rupanya 5 Perbedaan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, Apa Saja Ya

Begini Rupanya 5 Perbedaan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, Apa Saja Ya

Begini Rupanya 5 Perbedaan Hari raya Idul fitri dan Idul Adha, Apa Saja Ya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui begini rupanya  5 perbedaan antara Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, kira-kira apa bedanya, ya. simak dibawah ini selengkapnya.

Tidak lama lagi umat islam akan merayakan hari raya idul fitri, namun selain idul fitri ada pula hari raya Idul Adha,  kira-kira apa perbedaan keduanya, ya.

Dua perayaan tersebut merupakan dua hari raya besar umat islam yang dirayakan setiap tahunnya, idul fitri dan  Idul Adha.

Idul fitri erat kaitannya dengan puasa Ramadan, sementara itu, Idul Adha identik dengan amalan kurban.

BACA JUGA:Lauk Untuk Lebaran Idul 2024, Ini Resep Ayam Pop Khas Padang, Selamat Mencoba

Rasulullah SAW dalam sebuah hadis menyebut terkait kedua hari raya tersebut, yaitu “Allah akan memberi ganti bagi kalian dua hari yang lebih baik, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha,” (HR Nasa’i).

Meski keduanya sama-sama menjadi hari raya umat muslim yang harus disambut dengan sukacita, ada sejumlah perbedaan antara Idul Fitri dan Idul Adha.

Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, 5 perbedaan hari raya idul fitri dan idul adha. Mengutip dari berbagai sumber berikut selengkapnya.

5 Perbedaan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

BACA JUGA:Bersiaplah! Peggy Gou Beri Bocoran Akan Menggung di We The Fest 2024, Simak Jadwal Penampilannya

1. Waktunya Berbeda 

Pertama perbedaan keduanya terlihat dari waktu pelaksanaannya. Seperti mengutip dari buku Panduan Muslim Sehari-hari oleh Dr KH M Hamdan Rasyid MA dan Saiful Hadi El-Sutha, dikatakan Hari Raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah.

Hal itu seusai jemaah haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Sementara itu, Hari Raya Idul Fitri bertepatan dengan 1 Syawal.

2. Makna Hari Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: