Menohok, Mahfud MD Minta Kepada Nadiem Makarim: Jadikan Pramuka Ekskul Wajib

Menohok, Mahfud MD Minta Kepada Nadiem Makarim: Jadikan Pramuka Ekskul Wajib

Menohok, Mahfud MD Minta Kepada Nadiem Makarim: Jadikan Pramuka Ekskul Wajib--instagram: mohmahfudmd

LINGGAUPOS.CO.ID - Terkait ekstrakurikuler Pramuka yang dihapuskan dari eskul wajib oleh Nadiem Makarim, Mahfud MD buka suara minta agar dipertimbangkan.

Baru-baru ini Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI telah resmi menghapuskan pramuka sebagai eskul wajib di sekolah.

Lantas, hal tersebut mendapat respon yang menohok dari Mahfud MD, bahkan ia meminta agar keinginan Nadiem itu dipikirkan ulang.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu meminta agar Nadiem Makarim tetap menjadikan pramuka sebagai ekskul yang wajib di sekolah.

BACA JUGA:Resep Soto Betawi Daging Kuah Santan, Sajian Mewah Lebaran, Rasanya Buat Ngiler, Bikin Yuk

Hal tersebut diketahui dari unggahan atau tweet yang Mahfud MD bagikan di media sosial X miliknya. Dalam postingan yang dia buat, Mahfud terkhusu menunjukkan surat tersebut kepada Nadiem Makarim.

Seperti melansir dari X @mohmahfudmd, yang dikutip pada Jumat 5 April 2024, berikut unggahan Mahfud yang tertuju ke pak menteri Nadiem tersebut.

“Mendikbud-Ristek Pak Nadiem Makarim Yth. Mhn dipertimbangkan agar Pramuka tetap diberi tempat penting disekolah. Jadikan Pramuka sebagai ekskul wajib” tulis Mahfud di awal kalimat.

Disana, Mahfud juga menuturkan bahwa dia sendiri merupakan seorang alumni Pramuka, bahkan saat menjabat sebgai Menko Polhukam ia mengusulkan agar posisi pramuka di perkuat dan anggaran dinaikkan.

BACA JUGA:Viral, Aksi Pelecehan di Gerbong KRL, Korban Tantang dan Cekcok dengan Pelaku: Cuma Megang Doang

“Saya alumni Pramuka Gudep 449 Yogyakarta. Saat di Polhukam saya malah mengusulkan agar Pramuka dikuatkan posisinya dan dinaikkan anggarannya.” Lanjut Mahfud .

Selain itu, Mahfud juga menyinggung mengenai tujuan dari ekskul Pramuka yang menurutnya sejalan dengan filosofi pendidikan Indonesia.

“Filosofi pendidikan kita mencerdaskan kehidupan yang mencakup “otak” dan “watak”, intelektualitas dan moralitas, skill dan kelembutan hati.” Tulisnya.

Ia pun juga mengatakan bahwa banyak hal-hal baik yang anak-anak dapatkan dari ekskul Pramuka, “Di Pramuka anak-anak mendapatkan persahabatan, cinta sesame, cinta alam, cinta tanah air, dan lain-lain yang manusiawi dan indonesiawi.” Tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: