Catat! Penderita PCOS Tidak Disarankan untuk Konsumsi Susu dan Produk Turunan, Simak Alasannya

Catat! Penderita PCOS Tidak Disarankan untuk Konsumsi Susu dan Produk Turunan, Simak Alasannya

Penderita PCOS.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – PCOS atau Sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi yang mana ovarium memproduksi Androgen dalam jumlah yang tidak normal yang akan menyebabkan terbentuknya kista kecil di ovarium.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Jumat, 5 April 2024, beberapa gejala yang dialami penderita PCOS ini seperti menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebih, jerawat dan obesitas.

Menurut beberapa studi, PCOS ini mempengaruhi satu dari setiap lima wanita di seluruh dunia.

Yang mana hal ini merupakan kondisi endokrin yang sebagian besar menyerang wanita berusia reproduksi. 

BACA JUGA:Heboh, Pria di Banten Niat Bunuh Diri dari Atas JPO Ternyata Mendarat di Atap Bis yang Lewat, Begini Kondisiny

Hal ini terjadi saat hormone progesterone dan estrogen tidak seimbang, yang kerap kali menyebabkan peningkatan hormone estrogen.

Selain itu juga, PCOS meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah, sehingga meningkatkan risiko obesitas.

Insulin juga dapat menjadi penyebab meningkatnya hormon testosterone yang bisa menyebabkan jerawat dan hirsutisme.

Gejala PCOS secara umum dirasakan yaitu ketidakteraturan menstruasi, ketidaksuburan, perubahan suasana hati, kesedihan, dan penambahan berat badan.

BACA JUGA:Oppenheimer Tayang Perdana di Jepang, AS Dikritik Korban Bom Atom, Begini Reaksi Warga Hiroshima

Beberapa penelitian juga sudah membuktikan secara luas bahwa PCOS bisa ditangani dengan kombinasi penyesuaian pola makan dan aktivitas fisik, dan dalam keadaan tertentu.

Selain itu, pola makan kamu mempunyai pengaruh besar terhadap cara pengobatan PCOS sebab membantu menurunkan resistensi insulin, mengatasi kekurangan nutrisi, memastikan pengurangan lemak, meredakan masalah suasana hati, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Penderita PCOS selalu disarankan untuk tidak mengonsumsi produk susu.

"Menjadi bebas produk susu untuk PCOS dapat membantu gangguan metabolisme kita dalam banyak hal - menyembuhkan resistensi insulin, menurunkan peradangan, menghilangkan jerawat," tulis Ahli Diet Tallene Hacatoryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: