Adidas Hentikan Penjualan Jersey Timnas Jerman Bernomor Punggung 44, Begini Sebabnya

Adidas Hentikan Penjualan Jersey Timnas Jerman Bernomor Punggung 44, Begini Sebabnya

Adidas hentikan penjualan Jersey Timnas Jerman bernomor punggung 44.--Instagram @infipop.id

LINGGAUPOS.CO.ID – Jersey Timnas Jerman kembali menjadi sorotan setelah Jersey bernomor punggung 44 dinilai memiliki kemiripan dengan lambang pasukan militer Nazi, yakni Schutzstaffel (SS).

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Rabu, 3 April 2024, masalah tersebut pertama kali diangkat oleh sejarawan Michael Kong yang menyebut desain tersebut sangatlah dipertanyakan.

Melansir dari laporan BBC, langkah tersebut diambil setelah merebaknya contoh desain jersey Jerman apabila dipasang dengan nomor punggung 44.

Sementara itu, apabila dilihat kembali, adanya kemiripan dengan logo SS yang memakai huruf Rune, sehingga mirip dengan dua simbol petir.

BACA JUGA:Prediksi Inter Miami vs Monterrey, CONCACAF Champions League, Kamis 4 April 2024, Kick Off 07.00 WIB

Diketahui, Juru bicara Adidas Oliver Bruggen menjelaskan nomor punggung yang mirip dengan simbol SS bukanlah hal yang disengaja.

"Kami sebagai perusahaan berkomitmen untuk menentang xenofobia, anti-semitisme, kekerasan, dan kebencian dalam segala bentuk," ujar Bruggen.

Merespon kegaduhan yang terjadi, Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) menjelaskan akan mengganti tipografi yang digunakan dalam jersey tersebut.

Adapun Adidas selaku brand yang menangani jersey tersebut juga menjelaskan akan menghentikan penjualan dan pengiriman jersey dengan nomor punggung tersebut.

BACA JUGA:Prediksi Konyaspor vs Trabzonspor, Super Lig Turki, Kamis 4 April 2024, Kick Off 00.30 WIB

DFB dalam pernyataan resminya juga menjelaskan desain angka pada jersey baru Die Mannschaft sudah ditinjau oleh UEFA.

Selain itu, dalam prosesnya juga tidak ada satupun pihaknya yang terlibat yang menilai adanya kemiripan antara angka 44 dengan simbol SS Nazi ini.

Walaupun demikian, DFB juga menjelaskan mereka akan membuat desain alternatif lain untuk angka 4 pada jersey Jerman untuk Piala Eropa 2024.

Tim asuhan Julian Nagelsmann menyebut tidak akan memakai nomor punggung 44 di Euro nanti, sebab hanya ada 23 pemain yang dipanggil ke dalam skuad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: