Rahasia Agar Ketupat Lebaran tidak Cepat Basi, Begini Tips Manjurnya

Rahasia Agar Ketupat Lebaran tidak Cepat Basi, Begini Tips Manjurnya

Rahasia Agar Ketupat Lebaran tidak Cepat Basi, Begini Tips Manjurnya--instagram: aplausmedia

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui rahasia agar ketupat lebaran anda tidak cepat basi, begini tips manjurnya. Yuk simak dalam ulasan selengkapnya dibawah ini.

Salah satu makanan yang identik pada saat perayaan hari besar umat muslim atau idul fitri adalah ketupat.

Ketupat menjadi makanan yang banyak ditemukan pada saat lebaran. Pada dasarnya, ketupat merupakan jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam janur (anyaman daun kelapa).

Saat ini pun ketupat pun bisa berbentuk kantong, prisma, lonjong dan lain sebagainya kemudian dimasak atau dikukus.

BACA JUGA:Diundang Presiden Jokowi Sejak 2022, Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia Pada September, ini Sosoknya

Biasanya, ketupat dimakan bersama dengan menu khas lebaran yang lain, seperti rendang, opor ayam hingga lainnya.

Adapun cara memasaknya, ketupat ini biasanya dikukus selama kurang lebih dari 3 jam dengan menggunakan janur atau daun kelapa yang sudah dibuat bentuk ketupat.

Jika tidak bisa membuat janur atau ketupat, tenang saja, biasanya menjelang lebaran ada banyak sekali penjual yang menjual  bungkusan ketupat tersebut.

Ketupat juga sering dihidangkan sebagai makanan pokok atau sebagai pelengkap makanan pada acara-acara khusus seperti Lebaran.

BACA JUGA:Lebaran Idul Fitri Jangan Lupa Kue Engkak Ketan, Makanan Khas Palembang, Begini Cara Buatnya

Tidak hanya populer di Indonesia ketupat juga populer di Negara tetangga seperti Malaysia, Singapura hingga Brunei Darussalam.

Cara membuat ketupat sendiri cukup mudah, pertama anda cuci beras hingga bersih, kemudian rendam selama beberapa jam, lalu masukkan ke dalam anyaman ketupat selanjutnya dikukus dengan air mendidih selama beberapa jam.

Nah, selain menjadi makanan yang lezat dan bergizi, ketupat juga memiliki makna dan simbolisme yang penting bagi masyarakat Indonesia.

Ketupat ini diketahui sering dianggap sebagai simbol kesatuan, persaudaraan, dan kebersamaan, makanya ketupat sering dihidangkan pada acara-acara penting seperti Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: