Ketupat Selalu Hadir saat Lebaran, Selain Bikin Kenyang Begini Manfaatnya yang Tersembunyi

Ketupat Selalu Hadir saat Lebaran, Selain Bikin Kenyang Begini Manfaatnya yang Tersembunyi

Ketupat Selalu Hadir saat Lebaran, Selain Bikin Kenyang Begini Manfaatnya yang Tersembunyi--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketupat makanan yang selalu hadir dalam perayaan lebaran, rupanya selain mengenyangkan  makan Ketupat memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh, simak dibawah ini ulasan selengkapnya.

Menyantap ketupat pada saat lebaran menjadi salah satu tradisi yang sudah lama dilakukan, rupanya selain mengenyangkan ketupat juga memiliki manfaat bagi tubuh 

Ketupat sendiri selalu menjadi salah satu tradisi unik masyarakat Indonesia pada saat perayaan lebaran, pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri ada banyak yang menjual ketupat.

Pada dasarnya, ketupat merupakan jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam janur (anyaman daun kelapa).

BACA JUGA:Masuk Bursa Kandidat Kuat Calon Wali Kota Lubuk Linggau, Begini Tanggapan Rustam Effendi

Ketupat pun bisa berbentuk kantong, prisma, lonjong dan lain sebagainya kemudian dimasak atau dikukus.

Biasanya, ketupat dimakan bersama dengan menu khas lebaran yang lain, seperti rendang, opor ayam hingga lainnya.

Nah, rupanya selain mengenyangkan makan ketupat juga memiliki berbagai nutrisi. Ada berbagai kandungan gizi yang ada dalam ketupat.

Mengutip dari buku yang berjudul “Ajar Gizi dan Diet” karya Pipit Festi W, dikatakan dari ketupat dengan berat 160 gram bisa didapatkan kalori sebanyak 32 kkal.

BACA JUGA:Tertibkan Sarpras, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Membuat Kantin Pujasera

Selain itu, saat makan ketupat kita bisa mendapatkan protein sebesar 2,24 gram, lemak 0,112 gram, dan karbohidrat 43,2 gram.

Jika dibandingkan dengan nasi putih yang biasa disantap sehari-hari, meskipun sama-sama dibuat dari beras, kandungan nutrisi ketupat lebih unggul.

Adapun jika dibandingkan dengan nasi putih yang biasa disantap sehari-hari, meskipun keduanya sama-sama terbuat dari beras, kandungan nutrisi ketupat lebih unggul.

Dalam jumlah yang sama, nasi putih diketahui mengandung 175 kkal, 3 gram protein, 0,3 gram lemak, dan 39,8 gram karbohidrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: