KIP Kuliah 2024: Begini Besaran Dana yang Kamu Dapat Serta Jenis yang Ditanggung Sendiri

KIP Kuliah 2024: Begini Besaran Dana yang Kamu Dapat Serta Jenis yang  Ditanggung Sendiri

KIP Kuliah 2024: Begini Besaran Dana yang Kamu Dapat Serta Jenis yang Ditanggung Sendiri--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 segini besaran dana yang akan kamu dapat serta jenis biaya yang kamu tanggung sendiri, dalam ulasan di bawah ini.

Tahukah kamu ada beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Lantas apa saja kira-kira biaya pendidikan yang ditanggung KIP kuliah serta berapa besarannya ? simak ulasan ini hingga akhir, ya.

Pada dasarnya, bantuan KIP kuliah ini akan menanggung uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa per semesternya.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 Diprediksi Jatuh Pada 10 April, Begini Informasi dari Kemenag

Adapun pada tahun sebelumnya, KIP Kuliah menerapkan dua skema yakni bantuan biaya pendidikan saja dan bantuan biaya pendidikan serta biaya hidup.

Sedangkan untuk tahun ini, KIP Kulia hanya mempunyai satu skema yakni semua penerima akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan sekaligus biaya hidup.

Adanya program ini memiliki tujuan untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan siswa dan membantu para peserta didik belajar di perguruan tinggi hingga lulus menjadi sarjana.

Berdasarkan UU no 12/2012 tentang pendidikan tinggi, pemerintah telah memberikan kemudahan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses pendidikan.

BACA JUGA:Wadaw, Detik-detik Menegangkan Duel Polisi VS Pria dengan Golok di Riau, Begini Penyebab dan Endingnya

serta kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial.

Besaran Biaya KIP Kuliah 2024

1. Biaya pendidikan

Penerima KIP Kuliah 2024 akan mendapatkan biaya kuliah gratis atau Rp0 dikarenakan pembiayaan sepenuhnya difasilitasi pemerintah. Hal ini berlaku jika mahasiswa tersebut berasal dari:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: