Salat Tarawih Tapi Belum Salat Isya, ini Hukumnya

Salat Tarawih Tapi Belum Salat Isya, ini Hukumnya

Salat tarawih.--Freepik

BACA JUGA:Bagaimana Keistimewaan Orang yang Meninggal di Bulan Ramadan, Benarkah Masuk Surga, Begini Penjelasannya

Seperti halnya orang yang melakukan salat sunah zuhur yang diduga telah masuk waktunya, namun ternyata belum masuk.

Menurut satu pendapat yang unggul hukumnya adalah tidak sah. Karena itu, saat terlambat datang ke masjid untuk salat tarawih hendaknya makmum melakukan salat isya terlebih dahulu sebelum mengikuti salat tarawih.

Jika tarawih dilaksanakan sebelum menunaikan salat isya’ maka shalatnya dinilai sebagai salat sunah mutlak atau salat sunah yang dilakukan di antara waktu maghrib dan isya’, bukan salat tarawih.  

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Syekh Zainuddin Ahmad bin Abdul Aziz Al-Malibari (w 987 H) dalam kitab Fathul Mu’in:

BACA JUGA:Keutamaan Orang yang Meninggal di Hari Jumat, Apakah Husnul Khatimah, Begini Ternyata

"Apabila telah keluar dari waktunya shalat witir (atau tarawih), maka tidak diperkenankan untuk meng-qadhanya sebelum melakukan salat isya sebagaimana shalat sunah rawatib ba’diyah.

Beda halnya dengan pendapat yang diunggulkan oleh sebagian ulama"  "Jika salat isya yang ia lakukan batal setelah melakukan salat witir atau tarawih, maka salat witir atau tarawih menjadi salat sunah mutlak,"

Sampai di sini bisa disimpulkan, hukum melakukan salat tarawih tapi belum salat isya’ adalah tidak sah. Sebab, waktu pelaksanaan salat tarawih dimulai setelah masuk waktu salat isya’ dengan catatan benar-benar sudah melakukan salat isya, hingga terbitnya fajar.

Hukum tidak sah ini berlaku bagi orang yang telah mengetahui ketidakabsahan melakukan salat tarawih sebelum salat isya’.

BACA JUGA:Pahami Begini 4 Keutamaan Membayar Zakat Fitrah: Harta Menjadi Lebih Berkah

Adapun orang yang tidak mengetahui hukum tersebut, maka salatnya tetap sah namun statusnya berubah menjadi salat sunah mutlak (bukan salat tarawih).

Karena itu, seandainya orang datang telat jamaah salat tarawih, hendaknya ia mengerjakan terlebih dahulu salat Isya dan setelahnya baru melakukan salat sunah tarawih. Wallahu a’lam bisshawab.

Inilah informasi salat tarawih tapi belum salat isya. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.(*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: