Keutamaan Orang yang Meninggal di Hari Jumat, Apakah Husnul Khatimah, Begini Ternyata

Keutamaan Orang yang Meninggal di Hari Jumat, Apakah Husnul Khatimah, Begini Ternyata

Keutamaan Orang yang Meninggal di Hari Jumat, Apakah Husnul Khatimah, Begini Ternyata--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui keutamaan orang yang meninggal dunia di hari Jumat, benarkah jadi husnul khotimah simak begini penjelasannya.

Kematian adalah sesuatu yang tidak dapat kita prediksi, dimana, kapan dan hari apa tidak ada yang tahu kapan datangnya.

Sebab, kematian adalah rahasia sang maha pencipta, Allah SWT. Nasib seseorang di akhir hayatnya pun adalah rahasiaNya.

Lantas, ketika mendengar ada kerabat atau saudara yang meninggal di hari Jumat, sering kita mendengar orang-orang yang berkata, bahwa kematian tersebut husnul khatimah.

BACA JUGA:Kakek di Lubuk Linggau Rudapaksa Bocah, Diduga Manfaatkan Kemiskinan Keluarga Korban, ini Pengakuan Tersangka

Selain itu, kematian di hari Jumat juga dianggap baik karena terjadi di hari yang agung, yaitu hari jumat. Lantas benarkah hal tersebut.

Sebagaimana diketahui bahwa tanda-tanda husnul Khatimah sebagaimana yang disebutkan oleh para , ulama adalah meninggal di hari Jumat atau malam Jumat. Dikatakan, orang yang meninggal pada waktu tersebut akan terbebas dari fitnah kubur.

Ciri husnul Khatimah ini mengacu pada sabda Rasulullah SAW, yang artinya, “Setiap muslim yang meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat pasti dilindungi oleh Allah dari cobaan pertanyaan di alam kubur,” (HR Ahmad).

Diketahui Imam Ahmad yang mengeluarkan riwayat tersebut dalam Musnad-nya. Selain itu, Imam at Tirmidzi juga meriwayatkan hal serupa.

BACA JUGA:Bulan Ramadan, Rumah Wartawan di Muratara Dibobol Maling, Habis-habisan, Kerugian Rp30 Juta

Al-Albani mengatakan dalam Ahkam al-Jana’iz dan Takrij al-Misykah bahwa semua jalur sanad dalam hadist tersebut adalah hasan atau shahih.

Sementara, disebutkan dalam Al-Maut wa ‘Alam Al-Barzakh karya Mahir Ahmad Ash- Shufiy diterjemahkan oleh Badruddin dkk, syarat orang yang meninggal dunia pada hari Jumat akan husnul Khatimah adalah apabila ia beriman dan beramal saleh.

“Meskipun meninggal dunia pada malam atau hari Jumat, tanpa keimanan dan amal saleh, ia tetap mendapat siksa kubur,” jelasnya.

Lantas, selain menjadi salah satu tanda husnul khatimah, hari Jumat juga memiliki berbagai keutamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: