Begini 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Luar Biasa Sekali: Tak Ada Ruginya

Begini 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Luar Biasa Sekali: Tak Ada Ruginya

Begini 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Luar Biasa Sekali: Tak Ada Ruginya--Pixabay.com

BACA JUGA:Sepele Tapi Penting, Begini Tata Cara Berpuasa di Bulan Ramadan yang Benar: Dari Sahur Hingga Berbuka

2. Menurunkan gula darah

Tahukah kamu hanya dalam beberapa hari puasa, manfaatnya dapat menurunkan kadar gula lebih dari 30% ini merupakan hasil yang signifikan bagi siapa pun yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi.

Penurunan gula darah biasanya membuat orang merasakan energi yang berkurang, namun kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil saat menjalankan puasa.

3. Membantu membuang lemak

BACA JUGA:Cara Mengerjakan Salat Tarawih Sendiri di Rumah, Begini Niat dan Panduannya Lengkap

Selanjutnya, saat berpuasa membantu tubuh mengurangi lemak atau ketosis. Ketosis membantu tubuh membakar cadangan lemak. Lemak sentral berlebih yang tersimpan di sekitar organ, seperti hati ginjal, mengganggu fungsi organ tubuh.

Dengan puasa, terutama puasa intermiten (puasa beberapa waktu dalam satu hari) dapat membantu tubuh mencapai ketosis lebih cepat daripada pembatasan kalori.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya puasa bagi kesehatan ternyata juga bisa menyehatkan jantung anda. Meskipun penelitian masih terbatas pada hewan, hasilnya menunjukkan bahwa puasa kemungkinan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA:3 Golongan Muslim yang Merugi di Bulan Ramadan, Jangan Sampai Anda Salah Satunya

5. Menurunkan Tingkat Stres

Tahukah kamu puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Sebab pada saat puasa, penderita stress dan depresi akan belajar untuk berkata tidak pada makanan. Hal ini menjadi langkah awal untuk mengambil kontrol penuh dalam hidupnya.

Selain itu, puasa Ramadan juga mendorong kamu untuk menahan hawa nafsu lainnya, menjadi lebih sabar dan tenang. Semua itu adalah hal-hal positif yang dapat membantu kamu terhindar dari stress.

6. Melawan Peradangan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: