Keren! 50 KM Lebih Jalan di Garut Pakai Aspal Campur Sampah Plastik

Keren! 50 KM Lebih Jalan di Garut Pakai Aspal Campur Sampah Plastik

50 KM lebih jalan di Garut pakai aspal campur sampah plastik--Instagram @folkative

LINGGAUPOS.CO.ID – Pemerintahan di Kabupaten Garut, Jawa Barat baru saja menuntaskan pembangunan jalan aspal campur bahan dari sampah plastik yang dinilai akan lebih kuat.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Rabu, 13 Maret 2024, aspal campur sampah plastik ini dinilai lebih kuat dibandingkan aspal biasa di sejumlah ruas jalan wilayah Garut sepanjang 50,2 kilometer (KM).

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana mengatakan,"Sesuai dengan kesepakatan yang dibuat Kabupaten Garut telah mengaplikasikan penerapan aspal plastik dengan panjang 50,2 kilometer," katanya.

Selain itu, ia juga menyebut pembangunan jalan plastik ini dilakukan di sejumlah ruas jalan di antaranya wilayah Simpang Lima, Jalan Cimanuk, Jalan Pembangunan, Jalan Semarang serta sejumlah ruas jalan lainnya di perkotaan Garut yang dilakukan secara bertahap dari tahun anggaran 2022 hingga 2023.

BACA JUGA:Semarak Peringatan HBP, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Lomba MTQ

Dia juga mengatakan pembangunan jalan aspal bercampur plastik ini bekerja sama dengan Yayasan Bakti Barito serta PT Chandra Asri Pasific Tbk (Chandra Asri Group).

Yang mana diketahui, perusahaan tersebut merupakan solusi kimia dan infrastruktur di Indonesia yang salah satu targetnya membangun jalan aspal plastik di Garut sepanjang 50,2 km.

"Sungguh menjadi prestasi bagi kami, penerapan aspal dengan campuran aspal plastik ini bisa berkelanjutan dan tonggak sejarah bagi pembangunan infrastruktur di Garut," kata Nurdin.

Sementara itu, ia menjelaskan juga pembangunan jalan dari aspal plastik ini adalah inovasi dalam menjaga lingkungan dari membludaknya produksi sampah plastik di berbagai daerah terutama di Kabupaten Garut.

BACA JUGA:Awal Ramadan 2024, Begal Hadang Mama Muda Pulang Beli Susu di Lubuk Linggau

Dengan adanya teknologi pengaspalan yang mana mencampurkan dengan plastik ini setidaknya bisa mengatasi persoalan sampah plastik yang awalnya dibuang ke tempat pembuangan sampah menjadi suatu yang bermanfaat.

Salah satunya untuk menjadi campuran aspal yang diyakini hasilnya akan lebih kuat daripada aspal biasanya.

Lebih lanjut, disebutkan aplikasi aspal plastik 2022 di Kabupaten Garut ini dengan panjang 16,56 km sudah memanfaatkan sebanyak 30,96 ton sampah plastik cacah.

Serta pada 2023 dengan panjang mencapai hingga 33,68 km memakai 49,54 ton sampah plastik cacah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: