Niat dan Tata Cara Melaksanakan Salat Tahajud di Bulan Ramadan

Niat dan Tata Cara Melaksanakan Salat Tahajud di Bulan Ramadan

Niat dan Tata Cara Melaksanakan Salat Tahajud di Bulan Ramadan--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Berikut niat dan tata cara melaksanakan salat Tahajud pada bulan suci Ramadan, simak dibawah ini ulasan selengkapnya.

Tahajud merupakan salat sunah yang dianjurkan Rasulullah untuk dilakukan termasuk di bulan Ramadan ini.

Meskipun di bulan Ramadan, tata cara melaksanakan salat tahajud di bulan Ramadan sendiri hampir sama dengan salat sunah lainnya.

Salat tahajud sendiri merupakan salat yang dilakukan di tengah atau akhir malam. Bahkan salat ini juga memiliki keutamaan yang luar biasa.

BACA JUGA:Membanggakan, 4 Siswa MAN 1 Model Lubuk Linggau Raih Juara MTQ XVII Lubuk Linggau

Sebab salat tahajud merupakan amalan yang memiliki banyak keutamaan dan tergolong dalam salat sunah istimewa yang kerap dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Adapun seperti mengutip dari buku M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui karya M. Quraish Shihab, dijelaskan mengenai hukum salat tahajud di bulan Ramadan.

Ia megatakan bahwa hukum salat Tahajud adalah sunnah atau dianjurkan. Tidak ada larangan melakukan tahajud dengan berapapun jumlah dalam sekali salam, namun disarankan untuk sekali salam untuk setiap dua rakaatnya.

Selain itu, diterangkan pula bahwa tidak ada larangan untuk bangun malam melaksanakan salat Tahajud setelah Tarawih dan Witir.

BACA JUGA:Pemuda Desa di Musi Rawas Jadi Pengedar Sabu, Bertemu Polisi di Jalan Begini Akhirnya

Namun, Quraish  Shihab mengatakan, lebih baik bila saat Tahajud didahului dengan salat Tarawih kemudian dilanjutkan dengan berwitir.

Lantas, bagaimana cara melaksanakan salat tahajud di bulan suci Ramadan ini. Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda.

Tata Cara Salat Tahajud di Bulan Ramadan 

Seperti mengutip dari buku salat Tahajud & Kebahagiaan oleh Abd. Muqit, tata cara salat tahajud hampir sama dengan salat fardhu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: