Stanford University Bangun Kampus di IKN Mulai Mei 2024, Kemendikbud Sebut Belum Terima Usulan Itu

Stanford University Bangun Kampus di IKN Mulai Mei 2024, Kemendikbud Sebut Belum Terima Usulan Itu

Stanford University bangun kampus di IKN mulai Mei 2024.--Instagram @infipop.id

LINGGAUPOS.CO.ID – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan perguruan tinggi ternama Amerika Serikat (AS) Standford University akan mulai membangun kampus di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Mei 2024 mendatang.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Selasa, 12 Maret 2024, Bambang Susantono selaku Kepala OIKN menjelaskan Standford University mulai membangun kampus untuk riset terlebih dahulu di IKN.

"Kita juga bekerja sama dengan sekolah internasional ternama yakni Stanford University, mudah-mudahan nanti pada Mei mereka mulai membangun kampus," ucap Kepala OIKN Bambang Susantono.

Dengan kehadiran dari Standford University di IKN diharapkan bisa menciptakan efek bola salju.

BACA JUGA:Mau Tandingi Tur Taylor Swift Singapura, Luhut akan Buat Konser Ekslusif di Indonesia

Sebab Deputi Bidang Transformasi Hijau serta Digital OIKN Prof. Mohammed Ali Berawi sudah mencatat sekitar 7-8 kampus internasional seperti Universitas Leiden, Delft, Rotterdam dari Belanda, kemudian dari Finlandia ada beberapa kampus dan seterusnya yang siap masuk ke IKN.

"Karena kita menyiapkan planning yang berbagai macam dan standarnya internasional, maka banyak sekali organisasi yang ingin agar IKN menjadi Living Lab," lanjut Bambang.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan semua pendekatan baru dalam perencanaan kota serta wilayah diuji coba di IKN.

Seperti nature based solution, kota yang ramah anak serta kota yang ramah gender, kota yang mempunyai Intelligent Transportation Systems (ITS) dan seterusnya.

BACA JUGA:Sambut Bulan Suci Ramadan 1445 H, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Antusias Laksanakan Salat Tarawih

Sebagai contoh, bagaimana PBB dengan 13 unit dibawahnya langsung mendukung IKN.

"Saya ingin menyampaikan bahwa dunia internasional mulai masuk ke IKN, dalam arti untuk melihat knowledge," kata Bambang.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengaku belum menerima usulan mengenai Standford University dari Amerika Serikat yang membangun kampus cabang di IKN.

"Sampai hari ini kami belum menerima usulan Stanford University untuk membuka kampus cabang di IKN," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Ristek Kemdikbud Ristek, Nizam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: