Jamaah Aolia Gunungkidul Sudah Salat Tarawih dan Puasa Ramadan Hari Ini, Lantas Apakah Lebaran Duluan

Jamaah Aolia Gunungkidul Sudah Salat Tarawih dan Puasa Ramadan Hari Ini, Lantas Apakah Lebaran Duluan

Jamaah Aolia Gunungkidul Sudah Salat Tarawih dan Puasa Ramadan Hari Ini, Lantas Apakah Lebaran Duluan--instagram: txt.viral

GUNUNGKIDUL, LINGGAUPOS.CO.ID - Jemaah Aolia Gunungkidul sudah mulai melaksanakan salat tarawih serta puasa Ramadan duluan, lantas apakah akan lebaran duluan.

Jamaah Aolia di Gunungkidul, Yogyakarta sudah melaksanakan salat tarawih pada malam tadi dan 7 Maret hari ini mereka sudah mulai puasa Ramadan 2024.

Video yang memperlihatkan suasana tarawih jamaah Masjid Aolia beredar di media sosial, dalam video itu terlihat suasana tarawih di masjid tersebut yang khusyuk.

Selain Jamaah di masjid Aolia, beberapa tempat lainnya seperti Panggang III, Giriharjo, Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai melaksanakan puasa Ramadan 2024 hari ini.

BACA JUGA:Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul Sudah Salat Tarawih Malam Tadi, Menetapkan Puasa Duluan, Begini Informasinya

Pemerintah maupun Muhammadiyah pun belum mulai melaksanakan puasa di bulan Ramadan. Namun, Jamaah Masjid Aolia dan daerah lainnya ini sudah mulai 1 Ramadan pada Kamis 7 Maret 2024.

Adapun pengasuh jamaah Aolia yaitu, KH Raden Ibnu Hajar Sholeh mengimbau kepada seluruh warga untuk menghormati perbedaan yang ada dan mementingkan kerukunan antar umat beragama.

Ia juga mengatakan bahwa, berdasarkan pada perhitungannya tanggal 30 Syaban jatuh pada tanggal 6 Maret 2024.

Sehingga seluruh jamaah Masjid Aolia pun telah menggelar salat tarawih pertama mereka pada Rabu, 6 Maret 2024 malam.

BACA JUGA:6 Golongan Orang yang Boleh Tak Puasa Ramadan, Berikut Daftarnya Serta Ketentuannya

“Besok sudah masuk bulan Ramadan,” ujar KH Raden Ibnu Hajar Sholeh pada 6 Maret 2024.

Ia pun mengatakan jika perbedaan hanya terdapat pada pelaksanaan ibadah Ramdan yang tidak mengikuti perhitungan pemerintah.

“Jika pemerintah mau tanggal 12 ya boleh, Muhammadiyah tanggal 11 boleh, tergantung keyakinan masing-masing,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa salat tarawih yang yang mereka adakan sama seperti umat islam lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: