Begini Ancaman Bagi Orang yang Sengaja Tak Puasa Ramadan: Dosa Berat dan Tak Ada Gantinya

Begini Ancaman Bagi Orang yang Sengaja Tak Puasa Ramadan: Dosa Berat dan Tak Ada Gantinya

Begini Ancaman Bagi Orang yang Sengaja Tak Puasa Ramadan: Dosa Berat dan Tak Ada Gantinya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui begini ancaman bagi orang-orang yang sengaja tidak puasa di bulan suci Ramadan, berdosa dan tak ada gantinya lagi.

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan puasa atau Ramadan 1445 Hijriah. Bulan yang penuh pengampunan dan keberkahan.

Selama bulan Ramadan umat muslim yang tak ada halangan untuk berpuasa maka, mereka diwajibkan untuk menunaikan puasa.

Puasa Ramadan sendiri wajib hukumnya bagi umat islam. Adapun seseorang boleh meninggalkannya hanya jika uzur yang dibenarkan oleh syara.

BACA JUGA:Mengenal IPW yang Laporkan Ganjar ke KPK, Begini Status Hukum dan Tugasnya

Sehingga, bagi yang tak ada halangan untuk berpuasa tetapi ia sengaja tidak berpuasa maka, akan menjadi dosa, karena hukum puasa adalah wajib.

Adapun para ulama mazhab sepakat bahwa umat islam yang wajib berpuasa adalah mereka yang mukallaf.

Muhammad Jawad Mughniyah mengatakan dalam Kitab Al-Fiqh 'ala al-madzahib al-khamsah, yang termasuk mukallaf adalah orang yang sudah baligh dan berakal.

Selain itu, para ulama mazhab juga sepakat, bahwa orang gila tidak wajib puasa dan jka berpuasa maka puasanya tidak sah.

BACA JUGA:Nekat Seberangi Jembatan Papan yang Nyaris Roboh, Mobil Pikap Hanyut di Sungai Sama Sopirnya

Sedangkan untuk anak kecil tidak diwajibkan puasa. Namun, apabila mengerjakannya, puasanya dianggap sah dengan syarat sudah mumayyiz.

Selain itu, puasa Ramadan juga diwajibkan bagi orang yang mampu melakukannya dan tidak terhalang haid atau nifas bagi perempuan.

Dalil kewajiban puasa Ramadan berlandaskan pada firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah ayat 183, yang artinya berikut ini.

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: