Elon Musk Berminat Pasang Internet Starlink di IKN

Elon Musk Berminat Pasang Internet Starlink di IKN

Elon Musk merupakan orang terkaya di dunia datang ke wilayah Ibu Kota Negara RI atau IKN berminat untuk melakukan investasi dan akan pasang serta sediakan internet Starlink di Puskesmas--Instagram @unexplnd

LINGGAUPOS.CO.ID – Elon Musk merupakan orang terkaya di dunia datang ke wilayah Ibu Kota Negara RI atau IKN berminat untuk melakukan investasi dan akan pasang serta sediakan internet Starlink di Puskesmas.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Jumat, 1 Maret 2024, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyebut baru berbicara dengan Elon Musk melalui telepon pada Jumat minggu lalu.

"Saya dengan Elon Musk telepon seminggu lalu, Jumat lalu. Kan Starlink mau masuk. Saya kira hampir selesai persyaratannya. Dia akan ke IKN," ucapnya.

Sebagai informasi, Starlink merupakan layanan internet berbasis satelit yang disediakan oleh SpaceX, perusahaan penerbangan antariksa milik Elon Musk.

BACA JUGA:NASA Tunjukkan Potret Pembangunan IKN Jokowi, April 2022 Hijau Februari 2024, Banyak Jalan dan Tanah Kering

Sementara itu, Luhut juga menjelaskan bahwa Starlink sudah mengajukan surat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk meminta izin beroperasi di Indonesia.

"Begitu surat dia di Kominfo selesai, seminggu kemudian kita kasih issue dia ILO, izin layak operasi, begitu itu jalan, 5 hari kemudian dia bisa datang ke indonesia," katanya.

Luhut mengusulkan agar dalam kunjungannya ke Indonesia, Elon Musk mampir ke IKN guna meluncurkan layanan Starlink.

"Kita sudah usul satu dia ke IKN, karena dia katanya mau launching ke IKN dan ke puskesmas yang dekat dengan IKN. Karena ini, Presiden minta kenapa Starlink ini, supaya puskesmas-puskesmas yang tidak terjangkau dengan komunikasi, dengan Starlink ini bisa terjangkau sehingga pelayanan kesehatan di perdesaan itu bisa terjangkau," kata Luhut.

BACA JUGA:BRIN Beri Peringatan IKN Bakal Dilanda Banjir Pada Pertengahan 2024, Begini Informasinya

Begitu Starlink melengkapi persyaratan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam kurun waktu sepekan Starlink harus melakukan proses Uji Laik Operasi (ULO).

Setelah dinyatakan lulus uji coba tersebut akan mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kominfo, maka Musk dan teman-teman juga bisa datang ke Indonesia guna melakukan peresmian investasi.

"Dia akan ke IKN, begitu surat persyaratan Kominfo selesai, seminggu kemudian kita kasih issue ULO, begitu layak operasi jalan, lima hari kemudian dia bisa datang," kata Luhut. 

"Kalau dia datang kita sudah usul dia ke IKN, karena dia mau launching katanya di IKN, dan di puskesmas yang dekat IKN," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: