Begini Cara Melaksanakan Salat 100 Rakaat di Malam Nisfu Syaban Serta Bacaannya

Begini Cara Melaksanakan Salat 100 Rakaat di Malam Nisfu Syaban Serta Bacaannya

Begini Cara Melaksanakan Salat 100 Rakaat di Malam Nisfu Syaban Serta Bacaannya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Yuk simak begini  cara melaksanakan salat 100 rakaat di malam Nisfu Syaban serta bacannya, dalam ulasan berikut ini.

Tinggal menghitung hari lagi bulan Ramadan 1445 H akan segera tiba, bulan penuh keberkahan dan penuh ampunan yang selalu dinanti-nantikan.

Selain itu, sebelum bulan Ramadan tiba terlebih dahulu kita akan mendapati malam Nisfu Syaban salah satu waktu yang dinanti-nantikan oleh umat islam karena memiliki banyak keistimewaan.

Dalam kalender Hijriah, Nisfu Syaban selalu jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 H, tepat pertengahan bulan Syaban. Maka, jika dikonversi ke kalender Masehi tahun ini Nisfu Syaban bertepatan dengan tanggal 25 Februari 2024.

BACA JUGA:Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Daerah Indonesia, Begini Orang Sumbawa Hingga Betawi Merayakannya

Dengan demikian malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 14 Syaban 1445 H malam atau bertepatan dengan Sabtu, 24 Februari 2024 malam.

Malam Nisfu Syaban sendiri dikenal dengan malam yang istimewa sebagaimana yang disinggung dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

Nah, dalam ulasan berikut ini, kita akan membahas cara mengerjakan salat 100 rakaat yang dapat dikerjakan pada malam Nisfu Syaban.

Dilansir dari laman NU Online bahwa, amalan salat sunnah ini telah dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali dalam Ilhya ‘Ulumuddin. ia menjelaskan tata caranya, mulai dari jumlah rakaat hingga bacaannya, yaitu berikut ini.

BACA JUGA:Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban 2024 Lengkap Beserta Artinya, Malam Penuh Kemuliaan, Yuk Disimak

Artinya: “Adapun salat sunah Syaban adalah malam kelima belas bulan Syakban. Dilaksanakan sebanyak seratus rakaat. Setiap dua rakaat satu salam. Setiap rakaat setelah Al-Fatihah membaca Qulhuwallahu ahad sebanyak 11 kali. Jika mau, seseorang dapat salat sebanyak 10 rakaat.

Setiap rakaat setelah Al-Fatihah Qulhuwallahu ahad 100 kali. Ini juga diriwayatkan dalam sejumlah salat yang dilakukan orang-orang salaf dan mereka sebut sebagai salat khair. Mereka berkumpul untuk menunaikannya. Mungkin mereka menunaikannya secara berjamaah.

Tata Cara Salat Malam Nisfu Syaban

Niat Salat Nisfu Syaban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: