5 Persiapan Menjelang Bulan Ramadan, Sudahkah Kamu Siap

5 Persiapan Menjelang Bulan Ramadan, Sudahkah Kamu Siap

5 Persiapan Menjelang Bulan Ramadan, Sudahkah Kamu Siap--Pixabay.com

BACA JUGA:Malam Nisfu Syaban Penuh Kemuliaan, Begini Kisah Bersejarah yang Terjadi Pada Malam Itu

2. Menjaga asupan bergizi

Menjaga pola makan yang sehat dan bergizi sangatlah penting, sebab saat puasa nanti kita akan menahan diri dari makan dan minuman hampir 2/3 hari dan hal itu adalah tantangan tersendiri bagi mental dan fisik.

Makanan seperti biji-bijian, buah segar, kurma, susu, yoghurt, telur, dan kacang sebaiknya dimasukkan dalam pola makan Anda, baik sebelum dan selama bulan Ramadan berlangsung.

Nah, perlu diingat pada saat berbuka puasa nanti, disarankan untuk anda agar makan secara wajar dan tidak berlebihan seperti yang dicontohkan pada masa Nabi Muhammad (SAW), tanpa kemewahan ataupun pemborosan.

BACA JUGA:Pemerintah Putuskan 1 Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024, Berdasarkan Hasil Pantauan 134 Hilal

3. Rutin membaca Al-Quran beserta artinya

Selanjutnya, jangan lupakan bahwa ramadan adalah bulan dimana Al-Qur'an diturunkan. 

Al-Qur'an mengandung makna-makna mendalam yang mengajarkan kita tentang kehidupan dan memberikan pemahaman tentang awal mula Islam.

Disamping itu, kita dapat merenungkan bagian-bagian Al-Qur'an untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga Anda akan menemukan makna yang lebih dalam tentang dunia dan akhirat.

BACA JUGA:Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 2024 Dilakukan 3 Tahap, Berikut Agendanya

Nabi Muhammad SAW  pernah bersabda yang artinya:  "Orang yang membaca Al-Qur'an dengan indah, lancar, dan tepat akan berada di antara malaikat yang mulia dan taat. Orang yang membaca dengan kesulitan, terbata-bata, atau gagap dalam ayat-ayatnya, akan mendapat pahala dua kali lipat," ( HR Muslim).

4. Persiapan Spiritual

Selanjutnya, bulan Ramadan  juga melibatkan banyak refleksi spiritual bagi umat Muslim. Kita dapat mempersiapkan diri secara spiritual, mendekatkan diri kepada Pencipta dengan memperbanyak shalat dan membaca Alquran.

Selain itu, melakukan beberapa ibadah tambahan seperti bersedekah, memperbanyak doa hingga terus berbuat baik kepada sesama juga dapat menambah esensi "kembali ke suci" selama bulan Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: