Bersiaplah, Jelang Ramadan Harga Minyak Goreng Naik lagi, Simak Daftar Harganya

Bersiaplah, Jelang Ramadan Harga Minyak Goreng Naik lagi, Simak Daftar Harganya

Jelang Ramadan Harga Minyak Goreng Naik lagi--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Sebulan terakhir ini, harga minyak goreng di Indonesia sedang mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yang mana mempengaruhi pengeluaran rumah tangga, ditambah menjelang bulan Ramadan dan Lebaran 2024.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Sabtu, 17 Februari 2024, Badan Pangan Nasional mengatakan harga minyak goreng kemasan sederhana bisa mencapai Rp17.460 per liternya.

Diketahui, sebelumnya harga minyak goreng pada akhir Januari kemarin sebesar Rp17.260 per liternya.

Sementara itu, untuk harga minyak goreng curah naik menjadi Rp15.210 per liter dari harga sebelumnya Rp14.800 per liter, semakin menjauhi harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

BACA JUGA:Update, Harga BBM di Pertamina Terbaru Seluruh Indonesia Hari Ini, 17 Februari 2024

Isy Karim selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri mengungkapkan bahwa kenaikan harga minyak goreng curah ini terjadi di beberapa daerah sejak awal 2024.

"Kami memantau kenaikan harga di beberapa wilayah, termasuk produk MinyaKita. Meskipun demikian, kami berusaha menjaga agar harga minyak goreng, baik yang murah maupun kemasan premium, tetap stabil," ungkap Isy.

Selanjutnya, analisis lanjutan menunjukkan bahwa kenaikan harga minyak goreng ini disebabkan oleh penurunan realisasi Domestic Market Obligation (DMO) minyak goreng yang merupakan kebijakan pemerintah untuk menjaga pasokan minyak goreng dalam negeri.

DMO ditetapkan sebesar 300 ribu ton per bulan berdasarkan oleh Keputusan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Nomor 82 Tahun 2022, yang ditetapkan mulai pada Mei 2023.

BACA JUGA:Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran 2024 Sudah Bisa Dipesan, Simak Jadwal Lengkap Reservasi Tiketnya

Guna upaya dalam menjaga pasokan serta mengantisipasi gejolak harga menjelang bulan suci Ramadan dan Lebaran, rapat koordinasi antar-kementerian.

Yang dipimpin oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi pada 16 Januari lalu, memutuskan untuk mempertahankan kebijakan DMO minyak goreng.

Lalu, Kementerian Perdagangan juga sudah mengundang para produsen minyak goreng untuk memastikan pemenuhan DMO tersebut.

Lebih lanjut, mengenai data harga di beberapa kabupaten menunjukkan variasi harga yang cukup lebar, dengan harga Minyak Goreng MINYAKKITA per liter di Kabupaten Ponorogo mencapai Rp15.250, sedangkan di Kota Madiun harganya Rp14.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: