Hari Pers Nasional 9 Februari, Begini Sejarah dan Temanya 2024

Hari Pers Nasional 9 Februari, Begini Sejarah dan Temanya 2024

Hari Pers Nasional 9 Februari, Begini Sejarah dan Temanya 2024--pwi

LINGGAUPOS.CO.ID - Hari pers nasional diperingati setiap 9 Februari, ketahui berikut sejarah hari pers serta temanya pada 2024, dibawah ini.

Pada tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN), peringatan inipun dipersembahkan untuk seluruh insan pers di Indonesia.

Untuk itu, setiap tahunnya pada 9 Februari menjadi momen spesial untuk memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI), yang telah dibentuk sejak tahun 1946.

Adapun peringatan Hari Pers Nasional tanggal 9 Februari sendiri berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional.

BACA JUGA:Manchester United Rilis Koleksi Spesial dengan The Stone Roses

Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) itu ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Nah, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional ini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengusung tema setiap tahunnya.

Untuk lebih jelasnya berikut kita akan membahas lebih dalam mengenai tema hari pers nasional 2024 serta sejarah ditetapkannya Hari Pers Nasional.

Tema Hari Pers Nasional

BACA JUGA:Awal Puasa Pemerintah dan Muhammadiyah Sama, Simak Ulasan Berikut Ini

Mengutip dari akun resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Tema Hari Pers Nasional 2024 adalah “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”

Sejarah PWI dan Hari Pers Nasional (HPN)

Berdasarkan sejarah berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini pada tanggal 9 Februari 1946. Meski begitu, melansir dari laman PWI, sejarah lahirnya Organisasi PWI bermula sejak masa pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia.

Kala itu, wartawan memiliki peran ganda dalam rangka mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Pertama, sebagai aktivis pers yang melakukan tugas-tugas  pemberitaan dan penerangan demi membangfkitkan kesadaran nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: