Tol Indralaya – Prabumulih Tak Lagi Gratis, Bakal Bertarif, Catat Segini Besarannya

Tol Indralaya – Prabumulih Tak Lagi Gratis, Bakal Bertarif, Catat Segini Besarannya

Tol Indralaya – Prabumulih Tak Lagi Gratis, Bakal Bertarif, Catat Segini Besarannya--instagram: hki_indraprabu

LINGGAUPOS.CO.ID - Sudah tidak gratis lagi, Tol Indralaya – Prabumulih bakal segera bertarif, Segini jumlah yang ditetapkan.

Melewati jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah tidak gratis lagi, pasalnya pemerintah akan menetapkan tarif di jalan tol tersebut dalam waktu dekat.

Hal itu berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 194/KPTS/M/2024 tentang penerapan tariff jalan tol Simpang Indralaya- Muara Enim Seksi Indralaya – Prabumulih.

Seperti yang diketahui, Tol Indralaya- Prabumulih ini telah dioperasikan tanpa tarif alias gratis selama lebih dari lima bulan sejak 30 Agustus 2023.

BACA JUGA:Identitas Pelaku Begal Mahasiswi Unsri Hingga Tewas Telah Dikantongi Polisi

Adapun Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Industri, Teknologi dan Lingkungan, yakni Endra Atmawidjaja mengatakan, rencana penetapan tarif pada ruas tol itu untuk mengembangkan investasi, pemeliharaan, dan pengeoperasian jalan Tol.

Menurutnya, penetapan tariff ini juga telah mempertimbangkan dari sisi kepentingan publik maupun investor.

“Tentunya kami juga melihat dari SPM (Standar Pelayanan Minimal) dan performa dari BUJT itu sendiri sehingga angka tarif yang diusulkan tersebut sebelumnya telah diuji kelayakannya terlebih dahulu,” Ujarnya.

Seperti yang diketahui adanya jalan tol Indralaya-Prabumulih ini telah memperluas aksesibilitas logistic dan mobilitas masyarakat dari Prabumulih ke Palembang maupun sebaliknya.

BACA JUGA:Daftar Korban Kecelakaan Maut Bus Rombongan Hanura di Tol Ngawi, Telan 3 Korban Jiwa

Sebab, sebelum adanya tol perjalanan yang ditempuh untuk mencapai tempat tersebut memakan waktu sekitar 2 jam jika melalui jalan non tol.

Namun, setelah adanya Tol Indralaya- Prabumulih sekarang hanya membutuhkan 45 menit melalui jalan tol, perjalanan menjadi lebih singkat.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan HK Tjahjo Purnomo menuturkan, setelah diresmikan beberapa bulan lalu, kendaraan yang melintas di Tol Indraprabu dari Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) hampir ribuan per harinya.

“Kami mencatat kendaraan yang melintas di jalan tol ini rata-rata sebanyak lebih dari 5400 kendaraan/hari,” Ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: