5 Dampak Buruk Jika Ibu Hamil Kurang Minum Air Putih

5 Dampak Buruk Jika Ibu Hamil Kurang Minum Air Putih

5 Dampak Buruk Jika Ibu Hamil Kurang Minum Air Putih--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Ternyata kurang minum air putih bagi ibu hamil akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan termasuk janin yang dikandung. 

Seharusnya ibu hamil dituntut untuk menjaga pola makan agar janin dalam kandungan tumbuh dan berkembang sehat. 

Selain mengatur pola makanan dan asupan nutrisi, ibu hamil juga membutuhkan asupan cairan secukup mungkin guna terhindar dari dehidrasi dan gangguan pada janin. 

Bagi kamu yang sedang hamil diharuskan untuk mengkonsumsi 2,5 liter air putih /hari guna mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

BACA JUGA:Viral, Gadis Korsel Hidup Hemat Ekstrim Selama 4 Tahun, Berhasil Kumpulkan Rp1 Miliar

Saat hamil kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan karena air merupakan bagian terpenting bagi kehidupan janin di dalam kandungan, mengingat ia dilindungi oleh cairan yang disebut kantung ketuban.  

Berikut ini dampak buruk jika ibu hamil kurang minum air putih. Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber pada Jumat, 2 Februari 2024 berikut ini dampak buruk jika ibu hamil kurang minum air putih.

1. Dehidrasi

BACA JUGA:Viral Seorang Ibu Meninggal Dunia Saat Sedang Senam Gemoy, Ajal Tak Ada yang Tahu

Selama masa kehamilan, ibu sangat rentan mengalami dehidrasi. Hal ini karena morning sickness yang ibu alami saat trimester pertama berpotensi untuk menghilangkan banyak cairan dalam tubuh.

Selain itu, janin yang semakin bertumbuh di dalam kandungan juga akan membuat ibu jadi sering merasa gerah sehingga akan mengeluarkan banyak cairan melalui keringat.

Bila ibu tidak segera menggantikan cairan yang keluar itu dengan banyak minum air putih, maka akan terjadi dehidrasi pada ibu hamil yang sebenarnya tidak boleh.

Kondisi di mana ibu hamil mengalami kekurangan cairan nggak hanya bisa membahayakan kesehatan ibu, tetapi juga kondisi janin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: