7 Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Cari Tahu Disini

7 Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Cari Tahu Disini

7 Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Cari Tahu Disini--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Ada banyak manfaat dari gerakan salat bagi kesehatan fisik dan mental. Bagi seorang muslim salat adalah kewajiban.

Salat merupakan rukun Islam yang kedua. Berikut ini informasi lengkapnya mengenai berbagai manfaat dari gerakan salat bagi kesehatan fisik dan mental.

Setidaknya terdapat 93 ayat dalam Al Quran yang membahas tentang salat. Umat Islam diperintahkan melaksanakan salat minimal 5 kali setiap hari. 

Salat selain menjadi salah satu bentuk kepatuhan, juga merupakan sarana komunikasi manusia kepada Rabb-nya. Allah sebagai satu-satunya tempat bersandar, berkeluh kesah, dan memohon pertolongan. 

BACA JUGA:Beredar Informasi Oknum Camat Nibung Muratara Ditangkap Dalam Kasus Narkoba, Benarkah

Dijelaskan dalam Alquran Surah Al Baqarah ayat 45 yang artinya : “Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sesungguhnya (salat) itu benar-benar berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber, pada Rabu 31 Januari 2024 berikut ini manfaat gerakan salat untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada hakikatnya, salat bisa dikatakan sebagai bentuk olahraga yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh seseorang. Salat juga mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

BACA JUGA:Video Tanggapan Kepala Dinas Kesehatan Terkait Tuntutan Massa Aksi: 2021 Lubuk Linggau Sudah UHC

Gerakan-gerakan salat kerap melibatkan haluan pada arteri belakang, yang bermanfaat pada tekanan darah yang mengalir ke jantung menjadi lancar.

Gerakan sujud dalam sholat bisa memecahkan penyumbatan pembuluh darah, yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya jantung koroner. 

Disisi lain, ketika seseorang yang sedang salat melakukan gerakan sujud, posisi jantung lebih tinggi daripada posisi otak. 

Hal ini bermanfaat agar otak mendapatkan suplai oksigen dari jantung melalui darah yang akan meningkatkan kecerdasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: