Kapan Perayaan Isra Mi’raj Tahun 2024? Inilah Pendapat Para Ulama

Kapan Perayaan Isra Mi’raj Tahun 2024? Inilah Pendapat Para Ulama

Perayaan Isra Mi’raj Tahun 2024--Freepik

BACA JUGA:Miris, Sejumlah Siswi SMK di Kendari Diduga Pesta Miras dan Narkoba

Hal ini juga dibuktikan dengan pendapat Ibnu Hisyam bahwa pada saat terjadinya Isra Mi’raj, Islam sudah tersebar di Kota Makkah.

Pendapat lain mengatakan bahwa Isra Mi’raj terjadi pada Jumat pertama bulan Rajab.

Malam itu adalah malam renungan atau malam kesedihan di mana Nabi merasa sedih karena ditinggalkan oleh paman dan istri tercintanya, Khadijah. Namun menurut Al-Aini, pendapat ini tidak memiliki dasar sumbernya.

Dari berbagai pendapat tersebut, manakah yang paling benar atau minimal mendekati benar? Secara pasti memang tidak bisa disimpulkan pendapat mana yang paling tepat.

BACA JUGA:Guru Honoror Muratara Divonis 6 Bulan, Gara-gara Dilaporkan Menganiaya Murid yang Ketahuan Nyanyi di Kelas

Hanya saja, semua pendapat-pendapat tersebut mengarah kepada dua hal, yakni Isra Mi’raj terjadi setelah diutusnya Nabi Muhammad sebagai Nabi dan sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah.

Kapan seharusnya kita memperingati Isra  dan Mi’raj? Sebenarnya, yang paling penting pada momen peringatan Isra dan Mi’raj adalah semangatnya, yaitu untuk selalu mengingat usaha dan jerih payah Nabi Muhammad saw bagi umatnya.

Terlebih dalam hal pelaksanaan shalat fardhu, apakah kita sudah melaksanakannya dengan baik dan khusu'.

Lantas kapan perayaan Isra Mi’raj tahun 2024 ini? Bila merujuk pada pendapat bahwa Isra Mi’raj terjadi pada 27 Rajab, maka tahun ini bertepatan dengan tanggal 8 Februari 2024.

BACA JUGA:Ramalan Shio 30 Januari 2024, Kambing: Jalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Hal ini sesuai dengan ikhbar Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menyatakan 1 Rajab 1445 H jatuh pada Sabtu 13 Januari 2024 lalu.

Tanggal itu juga sama dengan hari libur Isra Mi’raj yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, yaitu Kamis 8 Februari sebagai hari libur nasional.

Ketetapan itu tertuang dalam Surat keputusan Bersama (SKB) 3 menteri Nomor 3 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024.

Inilah informasi pendapat para ulama tentang waktu perayaan Isra Mi’raj. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: