Ibu Hamil Punya Kista Ovarium, Apakah Masih Bisa Melahirkan Normal, Yuk Disimak Ulasannya

Ibu Hamil Punya Kista Ovarium, Apakah Masih Bisa Melahirkan Normal, Yuk Disimak Ulasannya

Ibu hamil punta kista ovarium --Frepik.com

LINGGAUPOS.CO.ID – Bagi penderita kista ovarium yang tengah hamil dan akan melahirkan mungkin pernah muncul pertanyaan apakah bisa melahirkan normal meski menderita penyakit kista ovarium?

Kista ovarium adalah pembentukan kantong berisi cairan pada ovarium, sebagian besar merupakan akibat dari proses pelepasan sel telur dan juga hormonal sehingga tidak berbahaya.

Umumnya akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan yang dapat diketahui melalui pemeriksaan USG, dan umumnya kista ovarium tidak berpengaruh pada janin saat kehamilan.

Tak sedikit ibu hamil yang memiliki harapan ingin melahirkan secara normal.

BACA JUGA:Ketahui, Ini 12 Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Kista!

Meski begitu, ibu hamil dengan kondisi tertentu mungkin saja punya kekhawatiran tidak bisa melahirkan normal atau pervaginam.

Tapi, benarkah ibu hamil yang memiliki kista tidak bisa melahirkan normal?

Dirangkum LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber, Sabtu, 20 Januari 2024 berikut ini informasi mengenai ibu hamil yang punya kista ovarium bisa melahirkan normal atau tidak? Yuk disimak.

Sebelumnya Anda perlu tahu dulu bahwa ada dua macam kista, yaitu yang berbahaya dan yang tidak.

BACA JUGA:Inilah 12 Makanan Penyebab Kista Wajib Dihindari, Jangan Coba-coba Dilanggar

Untuk memastikan kista yang Anda derita berbahaya atau tidak pada kehamilan, maka harus periksa dan dipantau oleh dokter.

Kista yang berbahaya pada kehamilan adalah yang ukurannya 6 cm. Dengan ukuran seperti itu, Anda tidak bisa melahirkan normal jika kista tidak dioperasi terlebih dahulu.

Artinya bila kista tersebut dioperasi sebelum persalinan, ada kemungkinan Anda bisa melahirkan normal. Usia kandungan yang tepat untuk melakukan operasi yaitu sekitar 16-18 minggu.

Tujuan dilakukannya operasi kista yang berukuran 6 cm adalah untuk menghindari kista terpuntir hingga kista pecah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: