Bagaimana Cara Menghilangkan Kista, Ikuti 5 Langkah Berikut Ini

Bagaimana Cara Menghilangkan Kista, Ikuti 5 Langkah Berikut Ini

Cara menghilangkan kista -Tangkap Layar-youtube dokter24

LINGGAUPOS.CO.ID - Cara menghilangkan kista bisa berbeda-beda, tergantung jenis, letak, dan tingkat keparahannya.

Kista umumnya ditandai dengan benjolan yang tumbuh, baik di permukaan kulit atau organ bagian dalam tubuh seperti ginjal dan rahim.

Ada berbagai jenis kista dengan nama yang berbeda sesuai bagian tubuh yang menjadi lokasi tumbuhnya, misal kista payudara dan kista ovarium. Sebagian besar kista bersifat jinak, tetapi ada juga kista yang berpotensi menjadi ganas atau kanker.

Bila Anda menemukan adanya benjolan di bagian tubuh yang dicurigai sebagai kista, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. 

BACA JUGA:Apa Saja Tanda dan Gejala Kista, Cari Tahu Informasi Lengkapnya Disini

Meski umumnya kista tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika kista berukuran kecil dan tidak berbahaya, dokter hanya akan menyarankan Anda untuk kontrol secara rutin guna memantau kondisi kista.

Namun, jika kista berbahaya atau sudah menimbulkan gangguan kesehatan, dokter akan melakukan tindakan untuk menghilangkan kista dengan beberapa cara berikut ini:

1. Menunggu dan Memantau

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Kista, Penyebabnya, Cari Tahu di Sini

Dalam kebanyakan kasus, kista ovarium akan hilang dengan sendirinya. Jenis bernama kista fungsional ini biasanya hilang setelah haid.

Oleh karena itu, dokter mungkin menyarankan untuk menunggu sambil memantau apakah kista akan hilang setelah beberapa saat.

Ada beberapa kondisi yang memengaruhi kondisi tersebut, yakni usia, gejala, dan hasil USG yang menunjukkan bahwa kista berukuran kecil berisi cairan.

Kamu bisa melakukan pemeriksaan ulang dan USG panggul lanjutan untuk melihat apakah kista berubah ukuran dan penampilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: