Banjir, Semangus Baru Musi Rawas Terisolir, Masyarakat Harapkan Bantuan Sembako

Banjir, Semangus Baru Musi Rawas Terisolir, Masyarakat Harapkan Bantuan Sembako

Banjir yang melanda Kabupaten Musi Rawas membuat warga Desa Semnagus Baru berhari-hari terisolir sejak Minggu 14 Januari 2024.-Foto: Istimewa-

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Banjir yang melanda Kabupaten MUSI RAWAS membuat warga Desa Semangus Baru berhari-hari terisolir sejak Minggu 14 Januari 2024.

Adapun warga yang sudah berhari-hari teisolir yakni di Desa Semangus Baru Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Informasi ini dari Kepala Desa Semangus Baru, Panderhop, SE kepada LINGGAUPOS.CO.ID menjelaskan kondisi terkini banjir di Semangus Baru parah, hampir 90 persen terendam dan di kepung air serta Jalan Lintas Semangus baru juga lumpuh total akibat debit air diperkirakan hingga 2 Meter.

Dikatakannya, seluruh pemukiman rumah di aliran sungai Musi terendam banjir lebih kurang 2 Meter di Desa Semangus Baru yakni dusun 1, 2, 3, 4 air sudah masuk rumah semua bahkan ada yang sampai 2 Meter.  

BACA JUGA:Banjir, Warga Musi Rawas Hanyut di Sungai Keruh, Belum Juga Ditemukan

“Untuk akses jalan masuk Desa Semangus Baru lumpuh total sudah di rendam air setinggi pinggang orang dewasa,”katanya, Minggu 14 Januari 2024. 

Kemudian, Dusun 5 dan 6, Suku Anak Dalam (SAD) dan akses jalan menuju kesana serta jembatan sungai hitam terendam air hingga dada orang dewasa sehingga menyebabkan mereka tidak bisa keluar membeli sembako dan sebagainya.

Lanjutnya, fasilitas umum, sekolah, kantor desa, TK dan Pustu sudah terisi air.

“Ini disebabkan air sungai Musi meluap dan terus naik serta diiringi hujan hampir setiap malam dan ditambah sungai semangus airnya juga meluap,”ungkapnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Korban Banjir di Desa Sembatu Jaya Musi Rawas Akhirnya Dapat Bantuan

“Kami menghimbau kepada masyarakat Semangus Baru tetap waspada dan berhati-hati mengingat debit air terus naik dan hujan hampir tiap malam dan jika semakin tidak memungkinkan segera mengungsi di tempat keluarga yang tidak terendam banjir,”himbaunya.

Kemudian, kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas semoga segera menyalurkan bantuan sembako, selimut, obatan-obatan kepada masyarakat yang terdampak banjir karena mengingat aktivitas lumpuh total.

Banjir Genangi Jalan Lintas Musi Rawas – Muba, Pengendara Diminta Hati-hati, Sudah 20 Desa Terendam

Banjir sudah mengenangi jalan lintas Musi Rawas menuju Musi Banyuasin (Muba), tepatnya di Desa Semangus Baru Kecamatan Muara Lakitan, Minggu 14 Januari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: