Apa Itu Kenali Kelahiran Prematur, Berikut Penyebab dan Cara Pencegahannya

Apa Itu Kenali Kelahiran Prematur, Berikut Penyebab dan Cara Pencegahannya

Penyebab kelahiran bayi prematur-Ilustrasi-Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID – Bagi ibu-ibu, istilah kelahiran prematur tidak asing lagi didengar. Kelahiran bayi secara prematur, sangat beresiko terhadap kelangsungan hidup sang bayi. 

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bagi kalian wanita wajib tahu apa itu istilah kelahiran prematur. Begitupun apa saja penyebab yang menjadikan bayi lahir secara prematur.  

Dengan demikian, kalian khususnya wanita yang sedang hamil dapat lebih mudah melakukan pencegahan agar bayi yang nantinya dilahirkan tidak prematur. 

Dalam artikel ini, LINGGAUPOS.CO.ID akan membahas apa itu kelahiran prematur, penyebab kelahiran prematur dan cara pencegahannya. 

BACA JUGA:5 Jenis Buah Pisang yang Cocok untuk MPASI Bayi, Murah, Gampang Ditemukan

Dikutip dari laman Kemenkses RI, Minggu, 31 Desember 2023, kelahiran prematur merupakan kejadian di mana persalinan terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu. 

Kondisi ini akan membawa dampak serius pada kesehatan sang bayi yang dilahirkan.

Nah untuk itu, ada baiknya kalian pahami lebih lanjut mengenai faktor penyebab, gejala, diagnosis, pengobatan, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil.

Kelahiran prematur dikelompokan menjadi dua. Pertama kelahiran prematur terjadi secara tidak terencana. 

BACA JUGA:7 Tips Merawat Bayi Baru Lahir, Dijamin Tidak Akan Baby Blues

Contohnya dalam kasus ketuban pecah dini atau infeksi rahim selama kehamilan. 

Kedua ada juga dalam beberapa kasus, persalinan prematur dapat direncanakan, terutama dalam kasus preeklampsia. 

Minggu-minggu terakhir kehamilan menjadi krusial bagi pertumbuhan janin. Bayi yang lahir prematur memerlukan perawatan khusus di rumah sakit.Lantas apa penyebab kelahiran bayi secara prematur? 

Penyebab pasti kelahiran bayi prematur hingga kini belum sepenuhnya diketahui. Namun beberapa faktor dapat meningkatkan risiko jika terjadi kelahiran prematur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: