Harga Emas Tinggi 2024, Ketahui Apa yang Membuat Harga Emas Naik atau Turun

Harga Emas Tinggi 2024, Ketahui Apa yang Membuat Harga Emas Naik atau Turun

Harga Emas Tinggi 2024, Ketahui Apa yang Membuat Harga Emas Naik atau Turun--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Harga emas mengalami kenaikan pada 2024, lantas tahukah kamu apa yang menyebabkan harga emas naik atau turun, simak berikut ulasannya.

Tahukah kamu jika harga emas di dalam negeri mengacu kepada harga emas didunia yang menggunakan harga dolar Amerika yang kemudian dikonversikan ke dalam rupiah sesuai dengan nilai tukar rupiah pada saat itu.

Semenatara harga emas pada 2024 diprediksikan akan melambung tinggi, hal itu berdasarkan pada peningkatan yang terjadi selama bulan desember ini.

Pada perdagangan Rabu, 27 Desember 2023 harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,51% di posisi US$2077, 16 per troy ons.

BACA JUGA:Battle Review 5 Produk Kopi Sachet Instan di Indomaret dan Alfamart, yang Mana Menjadi Favorit Anda?

Harga tersebut menjadi rekor baru dan menumbangkan catatan sebelumnya di harga US$2.070,9 pada 1 Desember lalu.

Setelah libur natal 2023, terjadi lonjakan tajam pada harga Emas dalam negeri (ANTAM), yang menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan sebelumnya.

Hal itulah yang menguatkan pada prerdiksi analisis yang memperkirakan harga emas pada 2024 mencapai sekitar Rp1,6 juta.

Lantas, pernahkah kamu bertanya apa saja yang menyebabkan kenaikan atau penurunan harga emas? Nah, bukan kamu yang penasaran simak ulasan ini hingga akhir.

BACA JUGA:7 Resep Es Krim Buah Pisang, Lembut Rendah Lemak dan Kolesterol

LINGGAUPOS.CO.ID mengutip dari logammulia, berikut adalah alasan mengapa harga emas mengalami kenaikan atau penurunan.

Perubahan pada Suku Bunga Acuan Bank Sentral

Dalam dunia ekonomi dan perbankan, suku bunga acuan adalah besaran dari bunga bank yang ditetapkan setiap bulan oleh bank sentral.

Penetapan suku bunga acuan ini juga dijadikan sebagai pedoman bagi para pelaku investasi. Salah satunya adalah investasi emas, yang turut menggunakan suku bunga acuan khususnya dari bank sentral Amerika Serikat, The Fed, sebagai salah satu acuan utama dalam menentukan pilihan investasi yang pada akhirnya akan menentukan harga emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: