Studi Dr Collin Freeman: Ayam Ada Lebih Dulu Daripada Telur? Ini Jawabannya

Studi Dr Collin Freeman: Ayam Ada Lebih Dulu Daripada Telur? Ini Jawabannya

Ayam ada lebih dulu daripada telur.--instagram @folkative

LINGGAUPOS.CO.ID – Debat mengenai telur atau ayam mana yang lebih dulu ada, akhirnya terjawab sudah Dr Collin Freeman merupakan seorang peneliti dari Inggris mengungkapkan pertanyaan klasik ini.

Diambil dari berbagai sumber dan unggahan dari akun Instagram @folkative, yang dikutip LINGGAUPOS.CO.ID pada Rabu 13 Desember 2023.

Dalam studinya, Dr. Collin Freeman yang merupakan seorang penelitian mengungkapkan bahwa ayam ada sebelum telur.

Hal ini dibuktikan dengan Komputer super HECtoR, para peneliti menemukan protein yang membentuk kulit telur yang hanya ada pada ayam.

BACA JUGA:Ayam Petarung Ini Dikenal Mematikan, Berikut Cara Beternaknya

Oleh sebab itu, pada kesimpulan penelitiannya bahwa ayam ada sebelum telur.

“Sejak lama diduga telur yang dulu ada. Tapi sekarang kita punya bukti sains yang membuktikan bahwa faktanya, ayamlah yang lebih dulu ada,” ucap Dr. Collin Freeman dari Universitas Sheffield yang bekerja sama dengan peneliti yang lain di Univeritas Warwick.

Bukan hanya ucapan semata, mereka tentu menyertakan alasan dan bukti yang kuat untuk mendukung kesimpulan yang mereka ucap. 

Kuncinya ada pada senyawa protein yang ada di cangkang telur.

BACA JUGA:Ayan Petarung Ini Banyak Diburu Kolektor, Berikut 6 Cara Merawat Ayam Bangkok

Protein ini bernama ovocleddin-17 (OC-17) itu berfungsi sebagai katalisator untuk mempercepat pembentukan cangkang telur. Serta protein ini ditemukan di ovarium ayam.

Sebenarnya, protein ini sudah diidentifikasi oleh ilmuan sebelumnya dan sudah diketahui mengenai proses pembentukan telur.

“Namun, setelah pengamatan lebih dekat, kami mampu melihat bagaimana protein itu mengontrol semua proses,” jelas Collin Freeman.

Dalam penelitian mereka, ilmuwan ini menggunakan komputer super bernama HECToR yang berbasis di Edinburgh guna memperbesar gambar formasi sebuah telur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: