Buntut Mengaku Mau Menampung Pengungsi Rohingya, Instagram Usman Hamid Diserang Netizen yang Memanas

Buntut Mengaku Mau Menampung Pengungsi Rohingya, Instagram Usman Hamid Diserang Netizen yang Memanas

Buntut Mengaku Mau Menampung Pengungsi Rohingya, Instagram Usman Hamid Diserang Netizen yang Memanas--isntagram: palmerah.yuk

LINGGAUPOS.CO.ID- Gara-gara membuat statement mau menampung pengungsi Rohingya, Instagram Usman Hamid diserbu netizen yang memanas karena pernyataan tersebut. Berikut informasi selengkapnya.

Usman Hamid selaku Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia menyatakan dirinya bersedia menampung warga Rohingya, apabila ada keterangan secara resmi dari Pemerintah Indonesia.

Dirinya berpendapat, pemerintah tidak perlu lagi mengikuti keinginan dari sekelompok masyarakat yang menolak kedatangan pengungsi Rohingya di Indonesia.

Selain itu ia juga meyakini masyarakat yang menolak kehadiran para pengungsi Rohingya hanya segelintir jumlahnya dan bisa saja mereka ini dimobilisasi oleh kelompok tertentu.

BACA JUGA:Manchester United Masuk Goa Lagi Setelah Tersingkir dari Liga Champions, Habis di Rujak Netizen

“Tidak ada alasan untuk menolak Rohingya untuk pemerintah. Saya kira, kalau ada kelompok masyarakat yang menolak, biarkan saja. Tapi jangan sampai pemerintah bertindak sesuai kehendak kelompok-kelompok itu,” ucapnya.

Seperti yang diketahui jika kedatangan pengungsi Rohingya secara terus menerus dan dalam jumlah yang besar menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Bahkan hingga kini terhitung sudah ada ribuan etnis Rohingya datang ke Aceh dengan dalih terdampar.

Penolakan demi penolakan pun dilakukan warga setempat yang menjadi tempat penampungan para pengungsi Rohingya.

Pasalnya masyarakat menilai penolakan juga disebabkan oleh perilaku-perilaku pengungsi yang dinilai kurang etis dan tidak sesuai dengan adat yang berlaku.

BACA JUGA:Penuhi Syarat Administrasi dan Substansi, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Berikan Izin Khusus Bagi WBP

Sementara berbagai pihak juga menaruh curiga akan peran sekelompok oknum yang sengaja memasukkan rombongan pengungsi Rohingya ke Indonesia.

Akan tetapi Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid justru mengatakan yang sebaliknya.

Amnesty International Indonesia menilai, pemerintah Indonesia sudah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) jika dari pihak Pemerintah mengembalikan kembali  para pengungsi Rohingya ke Myanmar.

“Kalau kebijakan pemerintah adalah mengembalikan pengungsi Rohingya ke negara asalnya, dalam hal ini Myanmar, itu jelas melanggar hak asasi manusia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: