Selamat Hari Gunung Internasional, Berikut ini 6 Manfaat Gunung bagi Kehidupan

Selamat Hari Gunung Internasional, Berikut ini 6 Manfaat Gunung bagi Kehidupan

Selamat Hari Gunung Internasional, Berikut ini 6 Manfaat Gunung bagi Kehidupan--dok: istimewa

BACA JUGA:Tragedi Liburan di Rumah Kakek, Pelajar di Musi Rawas Tenggelam di Kolam

4. Budaya

Gunung menjadi wilayah yang kaya akan budaya, pengetahuan serta warisan penting bagi kehidupan, setiap gunung di Indonesia memiliki berbagai cerita, tradisi masyarakat lokal dan daya Tarik wisata untuk berkunjung.

Tak hanya melakukan pendakian, wisatawan juga bisa menjelajahi hutan, berkemah di kaki gunung, bermain olahraga arus deras seperti rafting atau mengamati dan membaur dengan masyarakat lokal yang dapat menjadi wisata yang menarik dilakukan.

5. Sebagai Edukasi dan Penelitian

BACA JUGA:Lagu Roda Kehidupan Rhoma Irama, Lain Orang Lain Ujian

Gunung menjadi objek edukasi yang banyak digunakan sebagai sarana penelitian, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari gunung, bisa dari kekayaan alam, aktivitas vulkanik hingga kehidupan masyarakat sekitarnya.

6. Masyarakat Adat

Gunung berperan penting bagi masyarakat adat, banyak daerah di Indonesia yang ditempati oleh masyarakat adat, apalagi di daerah pegunungan.

Contohnya saja, masyarakat baduy dalam yang ada di daerah pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Banten.

BACA JUGA:Hore, 5 Tol di Luar Jawa Gratis, Khusus Libur Natal dan Tahun Baru

Nah itulah 6 dari banyaknya manfaat gunung bagi kehidupan, tentunya kita harus bersama-sama menjaga kelestarian gunung yang memiliki banyak manfaat ini kan? Selamat hari gunung internasional.

Ikuti terus LINGGAUPOS.CO.ID untuk terus mendapatkan informasi menarik, terupdate serta terpercaya setiap harinya, karena LINGGAUPOS.CO.ID selalu ada yang baru.

Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat kalian bisa membagikan artikel ini ke semua sosial media yang kalian miliki, seperti yang terterah di bagian bawah artikel.

Terimakasih semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: