Selamat Hari Gunung Internasional, Berikut ini 6 Manfaat Gunung bagi Kehidupan

Selamat Hari Gunung Internasional, Berikut ini 6 Manfaat Gunung bagi Kehidupan

Selamat Hari Gunung Internasional, Berikut ini 6 Manfaat Gunung bagi Kehidupan--dok: istimewa

LINGGAUPOS.CO.ID – Hari ini, senin 11 desember 2023 diperingati sebagai hari gunung internasional, guna dibuatnya hari gunung internasional oleh PBB sejak diresmikan tahun 2022 lalu adalah demi menumbuhkan rasa peduli terhadap gunung.

Karena gunung menyimpan sejuta manfaat bagi kehidupan dan semua makhluk hidup, lalu apa saja sih pentingnya dan manfaatnya? Yuk simak sampai selesai, mengutip dari berbagai sumber, inilah manfaat gunung bagi kehidupan:

1. Sumber Air

Manfaat gunung yang paling penting adalah sebagai penyedia sumber air bersih bagi kehidupan, setidaknya sekitar 60-80% air tawar di dunia berada di daerah pegunungan.

BACA JUGA:Tanggal 11 Desember Merupakan Hari Gunung Internasional, Berikut Sejarahnya

Mengutip UNO, setidaknya hampir satu orang yang tinggal di daerah pegunungan, dan lebih dari setengah populasi manusia juga bergantung pada sumber air pegunungan.

Sumber air di pegunungan juga banyak dimanfaatkan sebagai sumber Listrik tenaga air di banyak desa yang berada di daerah pegunungan.

2. Tempat Tinggal Berbagai Macam Hayati

Hutan-hutan yang berada di daerah pegunungan memiliki banyak keanekaragaman hayati yang tinggi, apalagi Indonesia didominasi hutan hujan tropis yang hijau sepanjang tahun.

BACA JUGA:Angdes Viral di Musi Rawas Diamankan, Angkut Pelajar Hingga ke Atap, ini Kata Polisi

Sebagian besar wilayah pegunungan di Indonesia juga ditetapkan sebagai hutan lindung dan berstatus menjadi taman nasional yang patut dilindungi kelestariannya.

Seperti TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat), Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan banyak lainnya.

3. Tempat Wisata

Gunung juga menjadi penggerak ekonomi bagi warga sekitar pegunungan, menarik sebanyak 15-20 % dari wisatawan global untuk datang berwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: