Tanggal 11 Desember Merupakan Hari Gunung Internasional, Berikut Sejarahnya

Tanggal 11 Desember Merupakan Hari Gunung Internasional, Berikut Sejarahnya

Tanggal 11 Desember Merupakan Hari Gunung Internasional, Berikut Sejarahnya--dok: istimewa

LINGGAUPOS.CO.ID – Setiap tanggal 11 desember diperingati sebagai hari gunung internasional, kali ini LINGGAUPOS.CO.ID akan membagikan informasi seputar Sejarah hari gunung internasional tersebut, simak sampai selesai yah.

Sebelum menelisik lebih jauh bagaimana Sejarah terlahirnya hari gunung internasional ini, terlebih dahulu kita akan membahas apa itu gunung.

Gunung adalah

Gunung adalah sebuah struktur geologis yang terdiri dari tanah atau permukaan batuan yang menonjol biasanya diukur menggunakan MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut), biasanya gunung memiliki ketinggian yang Beragam, dan mungkin memiliki puncak yang terjal.

BACA JUGA:Lagu Emansipasi Wanita Rhoma Irama, Dirilis 1984, Sindiran untuk Perempuan yang Menyaingi Pria

Gunung terbentuk melalui proses geologis seperti terjadinya tektonika lempeng, letusan vulkanik atau erosi.

Gunung memiliki berbagai bentuk, ukuran dan jenis, beberapa gunung tercipta melalui tektonika lempeng, ketika lempeng bumi bergerak atau bertabrakan, gunung lainnya tercipta melalui aktivitas vulkanik.

Aktivitas vulkanik dapat membuat gunung Dimana lava, abu dan batu-batu laiinya dikeluarkan dari dalam bumi.

Gunung sendiri memiliki peran dan fungs penting terhadap ekosistem alam dan sumber kehidupan, di Indonesia sendiri banyak gunung menjadi bagian dari wilayah taman nasional yang dilindungi.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Lampu Kamar Mandi Minimalis ini Memiliki Gaya Klasik Maupun Modern

Gunung merupakan rumah bagi banyak spesies satwa endemic yang harus kita jaga kelestariannya tentunya, selain sebagai tempat tinggal satwa.

Gunung juga memiliki sumber mata air yang dapat diolah menjadi air minum, menjaga kelestarian ekosistem gunung merupakan hal yang sangat penting demi menjaga kelangsungan hidup dan masa depan kita tentunya.

Kembali ke pembahasan utama, nah sudah paham kan definisi gunung dan seberapa penting gunung tersebut, makanya diadakan hari gunung internasional, lalu bagaimana sejarahnya?

Sejarah Hari Gunung Internasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: