Ketahui Apa Itu Hacker, Pahami Lebih Dalam pengertiannya Serta Jenis-Jenis Serangannya

Ketahui Apa Itu Hacker, Pahami Lebih Dalam pengertiannya Serta Jenis-Jenis Serangannya

Ketahui Apa Itu Hacker, Pahami Lebih Dalam pengertiannya Serta Jenis-Jenis Serangannya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Tahukah kamu apa itu Hacker? Jika belum simak ulasan berikut ini untuk paham lebih dalam mengenai pengertian dan jenis-jenis serangan Hacker.

Pernahkah kamu mendengarkan seseorang menyebut istilah Hacker atau membahas mengenai hacker? Hacker adalah orang yang skill pemrogramannya mampu menerobos sistem keamanan komputer atau suatu jaringan.

Hacker melakukan hal tersebut dengan tujuan tertentu. Tentunya seorang hacker pasti memiliki pengalaman yang luas tentang komputer, jaringan, pemrograman maupun perangkat keras.

Meski demikian, hacker tak selamanya identik dengan penjahat yang ada di dunia maya. Meskipun ada hacker yang menyalahgunakan kemampuannya tersebut.

BACA JUGA:Melly Goeslaw Rilis Lagu Bareng Almarhumah Nike Ardilla, dengan Lagu Bertemu Kembali, Sosoknya Digantikan AI

Di dunia siber, hacker adalah sosok yang bisa meretas perangkat seperti komputer, ponsel, webcam, hingga router. 

Tindakan seorang hacker pun dapat merugikan pihak tertentu merupakan tindakan kriminal. Namun, pada kasus tertentu, hacker adalah sosok yang juga bisa menguntungkan.

Sebab, seorang hacker juga dapat digunakan jasanya untuk memberikan perlindungan pada sistem website atau aplikasi yang digunakan oleh suatu perusahaan.

Hacker tersebut dikenal dengan istilah ethical hacker atau white hat. Nah untuk lebih dalam pemahaman tentang hacker. Simak ulasan dibawah ini hingga akhir.

BACA JUGA:10 Pemimpin Dunia yang Berzodiak Gemini, Mulai dari Xi Jinping, Muammar Gaddafi hingga Jokowi

Pengertian Hacker 

Hacker adalah seseorang yang ahli di bidang komputer jaringan atau keterampilan lain untuk dapat mengatasi masalah teknis.

Dalam bahasa Indonesia sendiri hacker berarti peretas. Dengan keterampilan teknisnya hacker dapat mengeksploitasi pertahanan keamanan siber.

Selain itu, hacker juga memiliki pengertian lain, yakni yang diartikan sebagai seorang ahli komputer dan mempunyai ketertarikan dan keingintahuan yang sangat besar terhadap keamanan dan pertahanan sistem komputer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: