Perbedaan pembayaran Tol MLFF dan Kartu E-Toll, Jangan Salah, Ketahui Hal Ini

Perbedaan pembayaran Tol MLFF dan Kartu E-Toll, Jangan Salah, Ketahui Hal Ini

Perbedaan pembayaran Tol MLFF dan Kartu E-Toll, Jangan Salah, Ketahui Hal Ini--instagram: jasamargabalitol_official

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui perbedaan pembayaran di jalan tol antara sistem MLFF dan E-toll, jangan salah sangka begini keunggulannya.

Penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF) atau pembayaran tol dengan nirsentuh alias tanpa berhenti dan buka kaca untuk menempelkan kartu di gerbang tol. Kabarnya akan diterapkan pada 2024.

Mulai 2024 secara bertahap, pemerintah akan memberlakukan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) di semua gerbang masuk tol Indonesia .

Dengan menerapkan sistem MLFF maka gerbang tol sudah tidak lagi dibutuhkan karena menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memungkinkan pengguna jalan tol melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

BACA JUGA:10 Kota dengan Kemiskinan Tertinggi di Indonesia, Lubuklinggau Urutan Berapa Ya

Seperti yang diketahui bahwa sistem pembayaran di jalan tol dengan  MLFF ini telah direncanakan oleh pemerintah sejak beberapa tahun belakang.

Pada 2022, pemerintah sendiri berencana akan menerapkan teknologi MLFF di gardu tol secara bertahap hingga akhir 2022.

PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah memulai konstruksi transaksi berbasis MLFF, artinya hal tersebut sudah dari lama direncanakan.

Rencana penggunaan sistem pembayaran jalan tol dengan MLFF ini disebut-sebut dipersiapkan telah siap digunakan pada 2022, dan berfungsi secara penuh pada 2023.

BACA JUGA:Sederet Fakta Penolakan Pengungsi Rohingya di Aceh, Narkoba Hingga Perkosa Anak di Bawah Umur

Namun, kenyataannya hingga Juli 2023, diketahui sistem MLFF baru terpasang di dua titik, yakni tol Ciawi dan Tol Kemanggisan, padahal targetnya ada 400 titik.

Namun, kementerian PUPR kembali menyampaikan akan menghapus transaksi bayar layanan jalan tol dengan cara tapping kartu e-toll mulai 2024. Hal tersebut berarti sistem pembayaran jalan tol dengan MLFF akan mulai diterapkan.

Bahkan, Uji coba perdana penerapan sistem MLFF akan dilaksanakan di tol Bali Mandara pada 12 Desember 2023. Uji coba tersebut akan dilakukan secara terbatas hanya untuk friendly user di Bali.

Berikut Adalah Perbedaan Pembayaran Tol MLFF dan Kartu E-toll

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: