Makna Puisi Apa Guna milik Widji Thukul, Apa Guna Punya Ilmu Tinggi, Kalau Hanya untuk Mengibuli

Makna Puisi Apa Guna milik Widji Thukul, Apa Guna Punya Ilmu Tinggi, Kalau Hanya untuk Mengibuli

Makna Puisi Apa Guna milik Widji Thukul, Apa Guna Punya Ilmu Tinggi, Kalau Hanya untuk Mengibuli--Youtube: LintangIndonesia

LINGGAUPOS.CO.IDWidji Thukul yang bernama asli Widji Widodod adalah penyair dan aktivis hak asasi manusia berkebangsaan Indonesia, Widji Thukul merupakan salah satu tokoh yang ikut melawan penindasan rezim orde baru.

Sejak sekarang dia tidak diketahui keberadaanya, dinyatakan hilang, ia lahir di solo Jawa Tengah, Indonesia dan menghilang pada tahun 1998 sampai sekarang.

Salah satu karya Widji Thukul yang paling terkenal sampai sekarang adalah sebuah puisi yang berjudul Apa Guna, berikut lengkapnya:

Makna Puisi Apa Guna – Widji Thukul

BACA JUGA:10 Kota dengan Kemiskinan Tertinggi di Indonesia, Lubuklinggau Urutan Berapa Ya

Puisi ini memiliki makna yang sangat mendalam, terutama dalam konteks sosial dan politik di Indonesia pada masanya. Puisi ini merupakan kritikan terhadap kekuasaan politik dan ketidakadilan sosial yang terjadi di Indonesia pada masa orde baru.

Puisi ini menyuarakan semangat solidaritas dan perlawanan terhadap ketidakadilan, puisinya dapat menjadi suara bagi mereka yang tidak memiliki kekuatan atau terpinggirkan, mendorong pendengar untuk Bersatu melawan ketidaksetaraan.

Puisi ini tentunya menciptakan panggilan untuk perubahan serta pembaruan di dalam masyarakat, ia mendorong pemikiran kritis dan kesadaran akan hak-hak individu.

Peninggalan puisinya menjadi simbol perjuangan untuk kebebasan berekspresi dan hak asasi manusia, meskipun kini ia tak tau Dimana rimbanya, warisan puisinya terus memberikan inspirasi bagi mereka yang melanjutkan perjuangan untuk demokrasi dan keadilan.

BACA JUGA:Pengantin Wanita di Palembang Hilang, Tenda Sudah Dibangun Tapi Pernikahan Batal Digelar

Puisi ini tentunya bisa menjadi catatan Sejarah yang mengingatkan kita tentang peristiwa bersejarah dan tantangan politik di masa lalu.

Berikut Syair Lengkap Puisi Apa Guna Miliki Widji Thukul.

Apa Guna – Widji Thukul

Apa guna punya ilmu tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: