Pujian Bisa Jadi Penyakit Ain, Berikut Doa Agar Terhindar dan Cara Mencegahnya

Pujian Bisa Jadi Penyakit Ain, Berikut Doa Agar Terhindar dan Cara Mencegahnya

Pujian Bisa Jadi Penyakit Ain, Berikut Doa Agar Terhindar dan Cara Mencegahnya--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID –  Penyakit Ain muncul karena pandangan iri ataupun dengki, bahkan rasa kagum dan pujian kepada orang lain. 

Dalam sudut pandang Islam, penyakit Ain ini tergolong dalam penyakit berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Rabu, 6 Desember 2023, Nabi Muhammad SAW, pernah bersabda dalam sebuah hadits terkait penyakit Ain, yang berbunyi:

“Ain adalah hak (benar). Seandainya ada sesuatu yang dapat mendahului takdir, niscaya ain-lah yang bisa mendahuluinya,” (HR Muslim & Tirmidzi).

BACA JUGA:Peran Ayah Menurut Islam untuk Anak Perempuan, Berikut Ulasannya

Melalui kitab Al-Lu’lu wal Marjan, Syaikh Muhammad Fuad Abdul Baqi mendefinisikan ain sebagai penyakit yang disebabkan oleh mata.

Jika seseorang melihat orang lain dengan rasa kekaguman dan dibarengi dengan rasa dengki atau iri maka hal tersebut dapat menimbulkan kemudharatan.

Dalam majalah Kesehatan Muslim, dr Raehanul Bahraen juga menjelaskan bahwa penyakit ain merupakan penyakit yang terdapat pada badan maupun jiwa. 

Penyebabnya disebutkan karena pandangan mata orang yang dengki maupun takjub, sehingga dimanfaatkan oleh setan, akhirnya menimbulkan bahaya bagi orang yang menderitanya.

BACA JUGA:Jangan Takut, Ini Doa Pengusir Setan yang Bisa Kamu Amalkan

Penyakit ain sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Nabi Muhammad SAW pernah membahas mengenai penyakit ain pada hadits yang sudah dipaparkan sebelumnya.

Selain daripada itu, asal mula penyakit ini dijelaskan pula di dalam fatwa Al Lajnah Ad Daimah.

“Ain dari kata ‘aana – ya’ilnu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respons jiwa yang negatif. Lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut,” (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271).

Agar terhindar dari penyakit ain ini, ada doanya diambil dari Kitab Al-Adzkar susunan Imam Nawawi yang dijelaskan terkait hadits riwayat Ibnu Abbas, berisi doa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: