2024 Kartu Tol Dihapus, Pakai Sistem MLFF Gerbang Tol Juga Dihapus

2024 Kartu Tol Dihapus, Pakai Sistem MLFF Gerbang Tol Juga Dihapus

2024 Kartu Tol Dihapus, Pakai Sistem MLFF Gerbal Tol Juga Dihapus--

LINGGAUPOS.CO.ID – Pada 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menghapus penggunaan kartu tol di seluruh jalan tol di Indonesia.

Penerapannya direncanakan mulai pada Maret 2024. Sementara untuk uji coba dilaksanakan di Tol Bali Mandara, mulai 12 Desember 2023.

Adapun sistem yang digunakan yakni Multi Lane Free Flow (MLFF). Dengan sistem ini, bukan hanya kartu tol yang dihapus atau tidak digunakan, namun juga gerbang tol.

Karena, MLFF memanfaatkan teknologi aplikasi pembayaran di smartphone dan alat GPS yang terpasang di kendaraan. 

BACA JUGA:Daftar 5 Jalan Tol Baru Beroperasi pada Libur Nataru, dari Indralaya Hingga Aceh

Dengan sistem ini, pengguna jalan tol tidak perlu berhenti lagi untuk membayar, karena saldo akan terpotong otomatis setelah kendaraan keluar dari jalan tol, dan terbaca satelit Global Navigation Satelit System (GNSS).

Sehingga dipastikan berbeda dengan sistem tanpa kartu yang sudah ada saat ini, yakni Radio Frequency Identification (RFID). 

Karena RFID masih membutuhkan alat pembaca stiker yang dipasang di lampu depan sisi kanan mobil. Setelah membaca stiker yang dipasang, maka palang di gerbang tol otomatis terbuka.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, proses transisi penerapan MLFF diharapkan dapat berjalan dengan cepat. 

BACA JUGA:Ini Jadwal Tol Trans Sumatera Gunakan MLFF, di Gerbang Tol Tak Perlu Berhenti, Teknologi dari Hungaria

"Makin cepat makin bagus tapi harus kita evaluasi simulasi pelaksanaannya, perlahan kita hapus penggunaan tapping, tapi saat ini masih hibrid antara MLFF dan tapping," ujarnya dikutip dari pu.go.id, Minggu 3 Desember 2023..

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, uji coba transisi MLFF pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai (Tol Bali – Mandara).

Kemudian baru akan mulai diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024, termasuk di Tol Trans Sumatera.

"Uji coba telah dimulai sejak Minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: