7 Dampak Buruk Media Sosial, Kalian Wajib Tahu!

7 Dampak Buruk Media Sosial, Kalian Wajib Tahu!

7 Dampak Buruk Media Sosial, Kalian Wajib Tahu!--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Media sosial memberikan ruang kepada siapa saja untuk berbagi informasi, belajar hal-hal baru, mencari hiburan, berekspresi, serta berkomunikasi tanpa terbatas jarak dan waktu. 

Namun, dibalik beragam manfaat tersebut, ada dampak negatif media sosial yang mengintai kesehatan tubuh jika digunakan terlalu sering.

Terlalu lama menghabiskan waktu untuk scrolling media sosial tanpa tujuan yang jelas sama saja dengan memenuhi otak Anda dengan informasi yang kurang penting. 

Akibatnya, ada banyak dampak negatif media sosial yang bisa mempengaruhi kesehatan.

BACA JUGA:Lagu Indonesia Rhoma Irama, Keritik Buat Pemerintah, Begini Liriknya

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif media sosial bagi para penggunanya:

1 . Menyebabkan kecanduan

Media sosial memiliki efek buruk bagi otak. Hal ini karena produksi hormon dopamin yang memicu rasa senang dan nyaman di otak meningkat saat Anda membuka aplikasi media sosial favorit.

Ketika kadar dopamin meningkat setelah menggunakan media sosial, otak akan mengidentifikasinya sebagai aktivitas bermanfaat yang harus Anda lakukan kembali. Akibatnya, Anda menjadi kecanduan media sosial.

BACA JUGA:UMP 2024 Sumatera Selatan Tertinggi Ketiga Wilayah Sumatera, Bengkulu Juru Kunci

Efek senang karena media sosial hanya bersifat sementara. Jadi, saat dopamin yang membuat rasa nyaman dan senang dalam tubuh hilang, Anda akan kembali melihat media sosial untuk kembali mendapatkan perasaan tersebut.

2. Resiko terkena cyberbullying

Meskipun perundungan atau bullying lebih umum terjadi saat tatap muka, bullying juga dapat terjadi di dunia maya, termasuk di media sosial. Kondisi ini dikenal dengan cyberbullying.

Dampak negatif media sosial yang satu ini biasanya dipicu dengan perbedaan pendapat dalam kolom komentar, yang kemudian berujung pada perdebatan panjang dan aksi cyberbullying.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: