Gajah Masuk Permukiman di Muara Lakitan Musi Rawas, BKSDA Berikan Peringatan

Gajah Masuk Permukiman di Muara Lakitan Musi Rawas, BKSDA Berikan Peringatan

Gajah memasuki pemukiman waga Desa Tri Anggun Jaya (SP5 HTI) Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas --

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID – Gajah memasuki pemukiman waga Desa Tri Anggun Jaya (SP5 HTI) Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas, Senin 13 November 2023.

Kejadian ini bukannya sekali, namun sebelumnya pada  Senin 31 Juli 2023 juga terjadi hal yang serupa. Gajah masuk ke pemukiman warga.

Kejadian serupa kembali terjadi, yakni masuk ke pemukiman warga dan juga terlihat berada di dalam kebun milik warga.

Diakuinya, gajah liar yang sering masuk pemukiman membuat warga ketakutan. Sebab bisa menyerang dan mengancam keselamatan warga setempat.

BACA JUGA:Konflik Manusia dengan Gajah Juga Terjadi di Muratara, 1 Warga Meninggal Dunia Setelah Diinjak

Kepala Desa (Kades) Tri Anggun Jaya, Imran saat dikonfirmasi Selasa 14 November 2023 membenarkan hal itu. Ia menjelaskan tapak kaki gajah terlihat di pemukiman.

Kemudian juga berada di dalam kebun milik warga. Bahkan dijelaskannya warga merekam keberadaan gajah di kebun.

Dalam video itu yang dikirimkan Kades, tampak warga merekam gajah yang berada di kebun. Gajah itu jumlah seekor, berjalan menyusuri lahan yang akan digarap warga.

Warga yang berada di lahan yang sedang dibuka tersebut, tampak ragu-ragu mendekat. Sehingga mereka hanya merekam menggunakan video yang dizoom.

BACA JUGA:Konflik Manusia dengan Gajah, Sudah 2 Orang Tewas Diinjak, Warga SP 5 HTI Muara Lakitan Musi Rawas Resah

Terpisah, Pengendalian Konservasi Hutan BKSDA Sumatera Selatan, Wahid Nurrudin menjelaskan bahwa di daerah Tri Anggun Jaya atau PT MHP memang ada kawanan gajah.

Di lokasi tersebut dijelaskan Wahid ada kawanan gajah dengan jumlah sekitar 46 ekor gajah.

Dijelaskannya, gajah ini berkelompok, kemungkinan seekor gajah ini terpisah dari kawanan, ini biasanya terpisah saat mencari makan dari kelompok.

Ia menambahkan, gajah ke pemukiman warga karena itu merupakan jalur jelajah gajah, memang dari tahun ke tahun melewati jalan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: